Analisis Teknik Bahasa dan Logika Humor Gus Baha' dalam Tayangan "Betapa Mudahnya Masuk Surga" pada Channel Youtube NU Online Ditinjau dari Teori Arthur Asa Berger

Kamalin, Nila Fittrotul Laili (2021) Analisis Teknik Bahasa dan Logika Humor Gus Baha' dalam Tayangan "Betapa Mudahnya Masuk Surga" pada Channel Youtube NU Online Ditinjau dari Teori Arthur Asa Berger. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211017040_Nila Fittrotul Laili Kamalin_KPI..pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta tentang metode dan media dakwah yang mulai berkembang pesat. Perkembangan media dimanfaatkan oleh para da’i sebagai wasilah menyampaikan dakwah secara luas. Channel youtube NU Online salah satunya yang menyuguhkan konten dan video dakwah. Video yang diunggah salah satunya yaitu ceramah Gus Baha’ dengan judul Betapa Mudahnya Masuk Surga. Dalam ceramahnya Gus Baha’ menggunakan humor sebagai metode penyampaian pesan kepada mad’u. Sehingga seorang da’i juga perlu memahami teknik-teknik penciptaan humor agar humor berhasil diterima dan pesan dakwah tetap sampai kepada mad’u. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah yang bertujuan untuk mengetahui (1) teknik bahasa humor yang digunakan Gus Baha’ (2) teknik logika humor yang digunakan Gus Baha’.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi dengan metode transkrip karena objek yang diteliti berupa video ceramah. Adapun teknik pengolahan data, peneliti mengumpulkan data dan kemudian data yang diperoleh diklasifikasikan sesuai dengan kategori data. Pada tahap analisis data, peneliti menggunakan analisis isi (Analysis content). Laporan penelitian memuat kutipan-kutipan data dan analisis.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) teknik bahasa humor Gus Baha’ dalam tayangan “Betapa Mudahnya Masuk Surga” pada channel youtube NU Online yang ditinjau dari teori Arthur Asa Berger dengan menggunakan 11 macam teknik bahasa yang didominasi oleh teknik allusion. Dominasi teknik ini menggambarkan bahwa teknik bahasa humor mengacu pada permainan kata yang menggambarkan seseorang dengan nada mengkritik. (2) teknik logika humor Gus Baha’ dalam tayangan “Betapa Mudahnya Masuk Surga” pada channel youtube NU Online yang ditinjau dari teori Arthur Asa Berger dengan menggunakan 4 macam teknik logika yang didominasi oleh teknik absurdity. Dominasi teknik ini menggambarkan bahwa teknik logika humor yang mengungkapkan suatu hal yang mungkin saja terjadi di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2021 01:46
Last Modified: 25 May 2021 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item