Analisis Isi Pesan Dakwah M. Quraish Shihab Dalam Video YouTube Kajian Maulid Nabi : Cinta Rasul di Channel Najwa Shihab

Mu'iz, Mukhamad (2021) Analisis Isi Pesan Dakwah M. Quraish Shihab Dalam Video YouTube Kajian Maulid Nabi : Cinta Rasul di Channel Najwa Shihab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES MUKHAMAD MU'IZ 211017044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mu’iz, Mukhamad. 2021. Analisis Isi Pesan Dakwah M. Quraish Shihab dalam Video Youtube Kajian Maulid Nabi : Cinta Rasul di Channel Najwa Shihab. Pembimbing Ahmad Faruk, M.Fil.I.

Kata Kunci : Pesan Dakwah, YouTube, Maulid Nabi, Rasul

Islam sebagai agama memiliki pilar-pilar pokok yang satu sama lain saling berhubungan erat dan mempengaruhi, yakni: aqidah (sistem keyakinan), syari’ah (sistem hukum), ibadah (sistem amal), akhlak (sistem tingkah laku), serta dakwah dan tarbiyah (sistem penyebaran dan penanaman nilai). dengan adanya perkembangan teknologi mendatangkan kemudahan bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat muslim agar tetap bisa menyeru, mengajak, mengajar bagi mubaligh, ulama, pendidik dan da>‘i. kemudian untuk penonton (viewer) bisa mengikuti penyampaian pesan dakwah melalui teknologi informasi dengan aplikasi media sosial salah satunya melalui youtube. Penelitian ini merumuskan masalah dan hendak mengetahui: (1) pesan aqidah yang terdapat dalam video kajian maulid nabi: cinta rasul oleh M. Quraish Shihab dalam channel Youtube Najwa Shihab, (2) pesan syariah yang terdapat dalam video kajian maulid nabi: cinta rasul oleh M. Quraish Shihab dalam channel Youtube Najwa Shihab, (3) pesan akhlak yang terdapat dalam video kajian maulid nabi: cinta rasul oleh M. Quraish Shihab dalam channel Youtube Najwa Shihab.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi kuantitatif deskriptif.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara observasi. Teknik penarikan sampel yang akan dipakai oleh peneliti adalah purposive sampling. Sampel yang diambil berdasarkan waktu penelitian pada 15 Maret 2020, dengan 3 bagian video, video pertama ditonton kurang lebih sebanyak 118.000, video kedua ditonton kurang lebih sebanyak 49.000, dan video ketiga ditonton kurang lebih sebanyak 84.000 kali penayangan. Dan dalam penelitian ini penulis menggunakan statistik deskriptif yang akan digunakan dalam menganalisis data.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: (1) pesan dakwah aqidah dalam video kajian maulid nabi : cinta rasul oleh M. Quraish Shihab dalam channel YouTube Najwa Shihab memperoleh 13 kali pesan dengan prosentase 41%, (2) pesan dakwah syariah dalam video kajian maulid nabi : cinta rasul oleh M. Quraish Shihab dalam channel YouTube Najwa Shihab memperoleh 3 kali pesan dengan prosentase 9%, (3) Pesan dakwah akhlak dalam video kajian maulid nabi : cinta rasul oleh M. Quraish Shihab dalam channel YouTube Najwa Shihab memperoleh 16 kali pesan dengan prosentase 50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2021 02:17
Last Modified: 24 May 2021 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13786

Actions (login required)

View Item View Item