Tinjauan Mas{lah{ah terhadap Implementasi Peraturan Pemerintah RI Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan (Studi Kasus Pencarian Dana Pembangunan Masjid di Jalan Raya Kabupaten Ponorogo)

Safitri, Wanda Imas (2021) Tinjauan Mas{lah{ah terhadap Implementasi Peraturan Pemerintah RI Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan (Studi Kasus Pencarian Dana Pembangunan Masjid di Jalan Raya Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Wanda Imas Safitri-Naskah Upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wanda Imas Safitri, 2021. Tinjauan Mas{lah{ah terhadap Implementasi Peraturan Pemerintah RI Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan (Studi Kasus Pencarian Dana Pembangunan Masjid di Jalan Raya Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Fuady Abdullah, M.A.
Kata Kunci: Mas{lah{ah, Peraturan Pemerintah RI Nomor 29 Tahun 1980.
Pengumpulan sumbangan saat ini marak terjadi di Indonesia. Di Kabupaten Ponorogo sendiri, marak ditemukan pencarian dana pembangunan masjid yang dilakukan di jalan raya. Terdapat beberapa pencari dana yang tidak melakukan perizinan resmi kepada Bupati melalui rekomendasi dari Dinas Sosial. Selain itu juga, usaha pencarian dana dengan cara tersebut tidak terdapat dalam ketentuan PP Nomor 29 Tahun 1980. Pelaksanaan pencarian dana dengan cara tersebut memiliki manfaat dan kerugiannya di sisi masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan mas{lah{ah terhadap implementasi perizinan dalam PP Nomor 29 Tahun 1980 pada pencarian dana pembangunan masjid di jalan raya Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan mas{lah{ah terhadap implementasi usaha pengumpulan sumbangan dalam PP Nomor 29 Tahun 1980 pada pencarian dana pembangunan masjid di jalan raya Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan perizinan pada beberapa pencari dana di jalan masih belum sesuai mas{lah{ah ‘a>mmah, kerena dapat menyalahi ketertiban umum. Selain itu, para pencari dana ada yang tidak memberikan laporan pertanggungjawaban. Hal ini menyimpang dari h{ifz{ al-ma>l tingkat ta{hs>ini>yah. (2) Usaha pengumpulan sumbangan di jalan tidak secara eksplisit diatur dalam PP Nomor 29 Tahun 1980. Menurut prespektif mas{lah{ah ada 2 kategori umum pencari dana di jalan. Pertama, pencari dana yang tidak mengikuti peraturan berarti menyimpang dari h{ifz{ al-nafs tingkat d{aru>ri>yah. Dalam kategori ini, apabila kondisi masjid yang akan dibangun dalam keadaan d{aru>ri>, h{a>ji>yah maupun tah{si>ni>yah. maka pencarian dana di jalan tidak boleh dilakukan. Kedua, pencari dana yang mengikuti peraturan termasuk dalam h{ifz{ al-nafs tingkat h{a>ji>yah. Dalam kategori ini, apabila kondisi masjid yang akan dibangun dalam keadaan d{aru>ri>, maka pencarian dana di jalan diperbolehkan. Begitu juga dengan pembangunan masjid dalam keadaan h{a>ji>yah diperbolehkan, akan tetapi pada kondisi ini, terdapat pertimbangan lain dalam pelaksanaannya Sedangkan apabila kondisi masjid dalam keadaan tah{si>ni>yah, maka pencarian dana di jalan tidak diperbolehkan, melainkan bisa dilakukan dengan cara yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fuady Abdullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2021 02:12
Last Modified: 24 May 2021 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item