Nilai Sosial pada Film Headshot (Analisis Framing Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki)

Mufidah, Siti (2021) Nilai Sosial pada Film Headshot (Analisis Framing Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
pdfclear.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mufidah, Siti. 2021. Nilai Sosial pada Film Headshot (Analisis Framing Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan PenyiaranIslam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Irma Rumtianing UH., M.S.I.
Kata Kunci: Nilai Sosial, Film Headshot, Teori Framing Pan & Kosicki
Film adalah media komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan pesan sosial maupun moral kepada khalayak dengan tujuan memberikan informasi, hiburan, dan ilmu yang tentunya bermanfaat dan mendidik ketika dilihat dan didengar. Film mempunyai seni tersendiri dalam memilih suatu peristiwa untuk dijadikan sebuah cerita. menjadi media untuk mendidik dan memberikan doktrin kepada masyarakat. Film berfungsi sebagai sebuah proses sejarah atau proses budaya suatu masyarakat yang disajikan dalam bentuk gambar hidup. Film juga berfungsi sebagai media informasi. Selain sebagai media informasi, film juga merupakan dokumen sosial. Melalui film, masyarakat dapat melihat secara nyata apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat tertentu pada masa tertentu. Salah satu film yang menurut penulis bisa dijadikan sebagai pilihan untuk ditonton adalah HEADSHOT. Film Headshot merupakan film action, drama, thriller Indonesia yang disutradarai oleh Mo Brothers (Timo Tjahjanto & Kimo Stamboel).
Ada dua persoalan dalam skripsi ini, yaitu bagaimana deskripsi realitas tayangan film Headshot, dan bagaimana bentuk nilai sosial pada film Headshot dengan teori framing model Pan & Kosicki.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan deskripsi realitas tayangan film Headshot dan untuk menganalisis bentuk nilai sosial pada film Headshot dengan teori framing model Pan & Kosicki. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif bersifat interpretatif dengan teori framing model Pan & Kosicki.
Untuk mengkaji film Headshot ini berbentuk audio visual maka, teknik pengumpulan datanya dengan cara menonton dan mengamati. Penelitian ini menemukan dengan memperhatikan teori framing Pan & Kosicki maka, hasil penelitian yang diperoleh dari realitas tayangan film Headshot adalah penayangan film lebih sering menampilkan adegan-adegan kekerasanyang berbahaya. Dan bentuk nilai sosial yang terdapat pada film Headshot adalah pengorbanan seseorang untuk melawan kejahatan, penyelamatan guna balas budi orang yang dicintai, hubungan persahabatan yang erat, dan wanita pemberani melawan penjahat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing UH
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2021 02:08
Last Modified: 24 May 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item View Item