PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA di MTs TERPADU HUDATUL MUNA JENES PONOROGO

Putri, Febri Eka Anggitya (2021) PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA di MTs TERPADU HUDATUL MUNA JENES PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FEBRI SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Putri, Febri Eka Anggitya. 2021.Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Arif Rahman hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan Diri, Rasa Percaya Diri
Program pengembangan diri di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo adalah salah satu program yang ada di madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Program ini diikuti oleh semua peserta didik dalam yang terdiri dari beberapa kegiatan di dalamnya. Dalam pelaksanaannya sesuai dengan situasi dan kondisi madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan program pengembangan diri di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo Jenes Ponorogo, (2) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program pengembangan diri di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan hasil pelaksanaan program pengembangan diri dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analis data menggunakan konsep Miles dan Huberman dengan langkah-langkah meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa (1) langkah-langkah pengembangan diri di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo yaitu: sebelum pelaksanaan (pemberian angket dan interview guru BK dan wali kelas). Pelaksanaan pengembangan diri di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo terdapat kegiatan terpogram yaitu: Majas, Kaligrafi, Qiro’ah, Bahasa Arab dan Inggris, Pramuka, dan Muhadharah dan kegiatan tidak terpogram. (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengembangan diri dari tutor atau guru pengembangan diri SDM yang kurang memadai, fasilitas yang belum maksimal. Adapun kendala dari peserta didik yang mengeluhkan tempat yang berpindah-pindah, dan waktu pelaksanaan pengembangan diri di siang hari, (3) rasa percaya diri peserta didik melalui program pengembangan diri di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes sudah baik meskipun masih ada beberapa siswa yang canggung karena kelas peserta didik laki-laki dan perempuan di campur, peserta didik yang memiliki rasa percaya diri dapat dilihat dari perilaku mereka yang berani, lebih optimis dengan kemampuan yang mereka miliki, dapat berfikir positif terhadap kemampuan yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2021 02:05
Last Modified: 24 May 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13777

Actions (login required)

View Item View Item