Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pengupahan Buruh Angkat Perahu di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan

Salfina, Mega (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pengupahan Buruh Angkat Perahu di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Mega Salfina_Naskah Upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Safina, Mega. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Pengupahan Buruh Angkat Perahu di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Dr. Saifullah, M.Ag.

Kata Kunci: Ijarah, Syikah, Syirkah Abdan

Ijarah merupakan sewa-menyewa jasa tenaga manusia dengan adanya imbalan atau upah. Dalam teori syarat-syarat pengupahan (ujrah) untuk pekerjaan atas seorang buruh atau pekerja harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya, upah harus berwujud harta atau benda yang nyata jenisnya serta ukurannya. Upah harus jelas, artinya sebelum pekerjaan dilaksanakan harus sudah ada ketentuan yang pasti tidak boleh gharar. Dalam praktek pengupahan kelompok buruh angkat perahu di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, upah buruh diberikan berdasarkan hasil pendapatan nelayan. Jika pendapatan nelayan banyak maka kelompok buruh akan diberi upah sesuai. Jika pendapatan nelayan sedikit maka kelompok buruh akan diberi upah seadanya. Jika nelayan tidak memperoleh pendapatan sama sekali maka secara otomatis kelompok buruh tidak mendapatkan upah.
Rumusan masalah dalam penelitia ini adalah (1) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap tata cara pengupahan buruh angkat perahu di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan dan (2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap pembagian upah kerja sama buruh angkat perahu di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menfokuskan pada usaha mengeksplorasi sedetail mungkin sejumlah contoh atau peristiwa yaang dipandang menarik dan mencerahkan dengan tujuan mendapatkan pemahaman yang kuat. Dengan menganalisis data tidak menggunakan perhitungan angka-angka melainkan menggunakan sumber informasi yang relevan untuk melengkapi data yang penyusun gunakan. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara.
Setelah melakukan penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa; 1) Berdasarkan teori ijarah tata cara pengupahan buruh angkat perahu di Desa Klesem Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan “mubah atau boleh”. Karena sudah memenuhi syarat dan rukunnya. 2) Berdasarkan teori syirkah abdan mengenai ketentuan Pembagian keuntungan kelompok buruh angkat perahu sudah sesuai dengan hukum Islam. Karena dibagi sesuai dengan kesepakatan anggota kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2021 01:58
Last Modified: 24 May 2021 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13769

Actions (login required)

View Item View Item