..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG)..Tinjauan Fatwa DSN-MUI No 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Obat Penghemat BBM Eco Racing Go Berkah No Riba (Studi Kasus Stokis PT Best di Ponorogo)

mukaromah, dwi wulan (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG)..Tinjauan Fatwa DSN-MUI No 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Obat Penghemat BBM Eco Racing Go Berkah No Riba (Studi Kasus Stokis PT Best di Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210217043_DWI WULAN MUKAROMAH_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mukaromah, Dwi Wulan. 2021. “Tinjauan Fatwa DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah pada Bisnis Obat Penghemat BBM Eco Racing Go Berkah No Riba”. Skripsi.Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.H. Moh Munir, Lc M.Ag.
Kata kunci :Fatwa DSN MUI No. 75 tahun 2009, Multi Level Marketing , Eco Racing
Fatwa DSN adalah fatwa yang dikeluarkan oleh dewan yang dibentuk oleh MUI untuk menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan aktivitas keuangan syariah.Salah satu fatwa yang mengatur MLM syariah adalahfatwa DSN MUI No. 75 tahun 2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah.Bisnis MLM (Multi Level Marketing) adalah metode penjualan barang dan produk jasa dengan menggunakan pemasaran Networks Marketing atau pola penjualan berjenjang.Penelitian ini berawal dari produk yang di buat PT Bandung Eco Sinergi Teknologi ini manfaatnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan dengan harga yang relatif mahal. Serta reward-reward yang akan diberikan kepada mitra usahanya yang menjadi daya tarik tersendiri untuk bergabung dalam menjalankan bisnis MLM eco racing ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana Tinjauan Fatwa DSN-MUI No 75/DSN-MUI/VII/2009 terhadap Akad dan Mekanisme MLM Syariah di stokis eco racing Ponorogo ? (2) Bagaimana Tinjauan dari fatwa DSN-MUI No 75/DSN-MUI/VII/2009 terhadap sistem komisi keuntungan dan bonus MLM Syariah di stokis eco racing Ponorogo ?
AdapunJenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik mengumpulkan data melalui interview (wawancara) dan observasi(pengamatan). Setelah data diperoleh dianalisa dengan teori Fatwa DSN-MUINo 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah.Penelitian ini berlokasi di Ponorogo pada salah satu stokis MLM eco racing PT Bandung Eco Sinergi Teknologi.
Hasil dari penelitian ini (1)Akad dari MLM Syariahdi stokis eco racing Ponorogo telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang PLBS dan Mekanisme dari MLM Syariah eco racing sesuai pada poin 1,2,10,11dan tidak sesuai pada poin 3,4,12 pada Fatwa DSN-MUINo 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah. (2) Sistem keuntungan komisi dan bonus pada MLM Syariah sesuai pada poin 6, 9 dan tidak sesuai pada poin poin 5,7,8 pada Fatwa DSN-MUINo 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang PLBS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2021 01:56
Last Modified: 24 May 2021 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13766

Actions (login required)

View Item View Item