STRATEGIS PROMOSI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN GADAI EMAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN NASABAH PADA BANK MANDIRI SYARIAH KOTA MOJOKERTO

Hidayah, Rizka Wakhidatul Nur (2021) STRATEGIS PROMOSI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN GADAI EMAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN NASABAH PADA BANK MANDIRI SYARIAH KOTA MOJOKERTO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RISKA new.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Rizka Wakhidatul Nur. 2021. Strategi Promosi Pemasaran Produk Pembiayaan Gadai Emas Dalam Upaya Peningkatan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Kota Mojokerto. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I
Kata Kunci: Strategi, Promosi, Pemasaran, Gadai Emas
Pemasyarakatan dan penyebarluasan informasi tentang Perbankan syariah masih sangat minim. Hal ini perlu disosialisasikan lebih luas, karena perbankan syariah dalam melakukan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah, demokrasi ekonomi, dan prinsip kehati-hatian. Perbankan syariah bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan keadilan, kebersamaan, dan pemerataan, kesejahteraan rakyat.Perbankan syariah mempunyai kedudukan yang sangat strategis untuk menggerakan sektor rill dalam rangka meningkatkan laju perekonomian dan pembangunan di Indonesia, karena perbankan syariah merupakan bagian dari sistem perbankan nasional yang menjadi salah satu tulang punggung pengembangan ekonomi nasional khususnya pada ekonomi syariah.
Masalah yang dikaji adalah (1) Bagaimana strategi promosi produk pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto melalui Madia Sosial?: (2) Bagaimana strategi promosi produk pembiayaan gadai emas melalui Brosur?; (3) Bagaimana strategi promosi produk pembiayaan gadai emas melalui tatap muka/ Webinar?; (4) Bagaimana strategi promosi produk pembiayaan gadai emas melalui Spanduk dan Umbul-umbul?; (5) Bagaimana strategi promosi produk pembiayaan gadai emas melalui kemitraan dengan pejabat publik?
Tujuan penulisan skripsi ini untuk mendeskripsikan: (1) Strategi promosi produk pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto melalui Madia Sosial; (2) Strategi promosi produk pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto melalui Brosur; (3) Strategi promosi produk pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto melalui tatap muka/ Webinar; (4) Strategi promosi produk pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto melalui Spanduk dan Umbul-umbul; (5) Mendeskripsikan strategi promosi produk pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto melalui kemitraan dengan pejabat publik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian para pegawai Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto yang ditugasi menangani gadai emas. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Promosi pemasaran pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto dengan teknik melalui media sosial: watshap, face book, SMS, Mojokerto dengan teknik semasang spanduk (kain rentang) dan umbul-umbul yang dipasang di tempat-tempat strategis; (3) Promosi pemasaran pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto dengan teknik pembuatan brosur atau leaflet. Dengan menonjolkan gambar dan bahasa persuasive; (4) Promosi pemasaran pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto dengan teknik tatap muka: webinar, kunjungan rumah; (5) Promosi pemasaran pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto dengan teknik kerja sama dengan pejabat publik. Pejabat yang sudah diajak kerja sama antara lain: Bapak Camat, Kepala Desa, Ketua Paguyuban Seni Tradisional, Ketua Kelompok Tani, Ketua Kelompok Peternak, Bapak Kapolsek, dan Ketua Perguruan Silat. Promosi : Menggunakan media periklanan brosur dan spanduk, mengadakan kegiatan senam dan pengobatan masal, mengadakan kunjungan ke institusi-institusi dua kali seminggu, meminta referall nasabah eksisting gadai untuk gadai baru atau Take Over, sosialisasi ke perkumpulan ibu-ibu, penyebaran brosur ke perumahan-perumahan, melakukan grebeg pasar, dan pemberian souvenir kepada nasabah yang menggadaikan emasnya. Dengan promosi besar-besaran ternyata dapat meningkatkan nasabah gadai emas di Bank Syariah Mandiri KCP Mojokerto.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2021 06:19
Last Modified: 21 May 2021 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item View Item