Efektivitas Nazir Organisasi Di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo

Fauziyyah, Ni'matul (2021) Efektivitas Nazir Organisasi Di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Ni'matul Fauziyyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Fauziyyah, Ni’matul, 2021. Efektivitas Nazir Organisasi Di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Khairil Umami, S.H.I., M.S.I.

Kata kunci/keyword: Efektivitas, UU No. 41 tahun 2004 tentang wakaf, Nazir Organisasi MWC NU.

MWC NU Kecamatan Siman merupakan nazir organisasi di 4 wakaf masjid dan 2 wakaf musala Kelurahan Mangunsuman Kecamatan Siman. MWC NU Kecamatan Siman sebagai nazir organisasi mendapatkan amanat dari wakif untuk mengelola, memanfaatkan serta memelihara wakaf sesuai dengan fungsi, tujuan dan peruntukannya. MWC NU Kecamatan Siman dalam menjalankan tugasnya menyerahkannya kepada Ranting NU, takmir masjid dan takmir musala yang diwakafkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Efektivitas Tugas Nazir Organisasi di MWC NU Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo ditinjau dari Perspektif UU No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf? (2) Bagaimana kewenangan Nazir Organisasi di MWC NU Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo dalam pengelolaan, pemeliharaan dan pemanfaatan wakaf masjid dan musala Kelurahan Mangunsuman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo menurut UU No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunaka observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan oleh peneliti menggunakan metode deduktif yakni memaparkan teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan fakta lalu menarik kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Nazir organisasi di MWC NU Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo sudah efektif dalam melaksanakan tugasnya sebagaimana yang terdapat pada UU No. 41 Tahun 2004 tentang wakaf, akan tetapi dalam hal pengawasan masih terdapat kekurangan. 2) Kewenangan nazir organisasi di MWC NU Kecamatan Siman dalam pengelolaan, pemeliharaan dan pemanfaatan wakaf masjid dan musala Kelurahan Mangunsuman menurut UU No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf selama ini sudah sesuai, yaitu dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya bekerjasama dengan Ranting NU, takmir wakaf masjid dan takmir wakaf musala Kelurahan Mangunsuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2021 06:18
Last Modified: 21 May 2021 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item