...(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT PERTANIAN (STUDI KASUS DESA REJOSARI KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN)

Ni'mah, Dwi Aimmatun (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ZAKAT PERTANIAN (STUDI KASUS DESA REJOSARI KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dwi Aimmatun Ni'mah (NIM 210217016).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Ni’mah, Dwi Aimmatun. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Zakat Pertanian (Studi Kasus di Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun) . Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M. Ag.
Kata Kunci:Zakat pertanian, Pengumpulan, Pendistribusian..

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang kelima. Secara umum zakat dikategorikan dalam dua kelompok yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah juga disebut dengan zakat jiwa yaitu kewajiban zakat bagi setiap individu. Sedangkan zakat mal adalah zakat kekayaan yaitu zakat yang dikeluarkan dari kekayaan atau sumber kekayaan itu sendiri, baik berasal dari pendapatan, profesi, usaha maupun investasi.Adapun zakat mal yang merupakan bagian dari suatu usaha adalah zakat pertanian. Zakat pertanian merupakan zakat yang objeknya meliputi hasil tumbuh-tumbuhan atau tananam yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, yang menjadi makanan pokok bagi manusia. Dalam hal ini zakat pertanian dapat berupa hasil panen padi yang proses pengumpulan dan pendistribusiannya tidak sesuai dengan syariat Islam, seperti halnya yang ada di desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Mereka melakukan proses pengumpulan dengan cara sekedarnya saja dan proses pendistribusian hanya diberikan kepada pihak pihak yang dianggap golongan fakir miskin dan orang-orang yang tidak mempunyai lahan pertnian.
Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, persoalan yang diteliti oleh penulis adalah (1) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap pengumpulan zakat pertanian di Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap pendistribusian zakat pertanian di Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber datanya diperoleh dari informan dan datanya berkaitan langsung dengan pembahasan skripsi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan interview, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) dalam pengumpulan zakatnya masyarakat desa Rejosari hanya mengeluarkan zakat seikhlasnya saja tanpa menentukan kadar zakat yang sudah ditetapkan dalam hukum Islam. Dalam pelaksanaannya mayoritas masyarakatnya sudah melaksanakan,akan tetapi masalah pengumpulan belum sesui dengan hukum Islam (2) dalam pendistribusian zakat panitia desa Rejosari lebih mengutamakan memberikan hasil pengumpulan zakat kepada 4 golongan asnaf yaitu fakir, miskin, fisabilillah, amil, dan yang tidak mempunyai lahan pertanian. Dalam hal ini masyarakat dalam pendistribusian zakat pertanian belum sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2021 01:54
Last Modified: 21 May 2021 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13747

Actions (login required)

View Item View Item