Citra perempuan Berhijab Dalam Film Bulan Terbelah DiLangit Amerika (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Astuti, Haristin Vindi (2021) Citra perempuan Berhijab Dalam Film Bulan Terbelah DiLangit Amerika (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Haristin Vindi -skripsi ethesis 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Astuti, Haristin Vindi. Citra Perempuan Berhijab dalam Film Bulan Terbelah di Langit Amerika (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muchlis Daroini, M. Kom.I.
Kata Kunci Citra Perempuan, Hijab, Film, Semiotika Roland Barthes
Film merupakan media yang masih eksis digunakan untuk menyampaian sebuah pesan. Film juga mempengaruhi khalayak sehingga tercipta pengambaran yang mengubah pola fikir masyarakat. Penelitian ini membahas citra perempuan berhijab dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Film Bulan Terbelah di Langit Amerika mengangkat isu keislaman serta islambobia. Dalam film ini terdapat tokoh Hanum dan Azima seorang muslimah yang mempertahankan keyakinan serta hijab di negara minoritas Islam. penelitian ini menampilkan citra positif perempuan berhijab. Film Bulan Terbelah di Langit Amerika memiliki keunikan diantaranya, berani mengambil isu yang sensitif. Serta mengambil latar pasca kejadian WTC (Word Trade Canter)
Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah, pertama bagaimana makna denotasi, makna konotasi dan mitos. Kedua, citra perempuan berhijab yang ditampilkan dalam film tersebut. Jenis penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi (mengamati film Bulan Terbelah di Langit Amerika) dan dokumentasi. Teknik analisis yang peneliti gunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes. Terfokus pada makna denotasi, makna konotasi dan mitos.
Dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat 4 adegan yang setiap adegan memiliki makna denotasi, makna konotasi dan mitos. makna denotasi yaitu perempuan berhijab memiliki peran, bersikap, dan berpenampilan sesuai syari’at Islam. makna konotasi yaitu mengajarkan agar perempuan berhijab memiliki sifat kasih sayang, dapat mengurusi keluarga dan bersahaja. Mitos dari film ini adalah diantaranya perempuan memiliki kodrat untuk mengurusi keluarga, sifat femin. Perempuan di film tersebut dicitrakan sebagai sosok yang mampu menjalankan peran sebagi istri, berprilaku baik serta fashionable.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2021 01:52
Last Modified: 21 May 2021 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13746

Actions (login required)

View Item View Item