Implementasi Metode Takror dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Al-Qur’an dan Kedisiplinan Santri Putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo.

Kumalasari, Atin (2021) Implementasi Metode Takror dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Al-Qur’an dan Kedisiplinan Santri Putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316089_ATIN KUMALASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kumalasari, Atin, 2021. Implementasi Metode Takror Dalam Mengingkatkan Kelancaran Membaca Al-Qur’an dan Kedisplinana Santri Putri di Pondok Pesantren tahfidzu Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo. Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Implementasi Metode Takror, Kelancaran Membaca, Kedisplinan.
Pondok Pesantren tahfidzu Qur’an Al-Hasan merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Ponorogo. PPTQ Al-Hasan merupakan pondok pesantren yang besiknya terdapat pada hafalan al-Qur’an, tetapi ada sebagaian santri yang tidak mengahafal al-Qur’an disebut dengan santri Bin-anaẓar, dari sini muncul permasalahan berupa beberapa santri Bin-anaẓar yang masih kurang lancar dalam membaca al-Qur’an. Karena kebanyakan santri yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an adalah santri baru yang masih awam tentang bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan mkharujul khuruf dan tajwidnya. Di pondok pesantren ada beberapa santri yang masih menggunakan waktu kosongnya tidak untuk mengaji tetapi untuk berleyeh-leyeh dan itu sebabnya saat setoran ke abah Yai dan ustadzah tidak lancar dan harus mengulanginya kembali. Metode takror dirasa menjadi alternatif terbaik untuk meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an dan kedisplinan santri putri.
Penelitain ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan penerapan metode takror dalam pembelajaran al-Qur’an santri putri di pondok pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan.(2) Menjelaskan damapak metode yang digunakan dalam takror untuk meningkatkan kelancaran membaca al-Qur’an santri putri dipondok pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan. (3) Menjelaskan damapak metode yang digunakan dalam takror untuk meningkatkan kedisplinan santri putri dipondok pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan lokasi penelitian berada di Pondok Pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan, Babadan, Ponororgo. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik Analisis data yang di gunakan adalah kodifikasi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan vertifikasi. Dalam penelitian ini, subjekyang di wawancarai oleh peneliti untuk diantaranya adalah: pengurus dan ustadzah dan santri putri Bin-naẓar Pondok Pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan, Babadan, Ponororgo.
Berdasarkan analisis data penelitian maka hasil dapat diambil kesimpulan sebagai brikut (1) Kegaiatan takror dipondok Pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan dalam pelaksanaan dan prakteknya berjalan dengan baik.Pelaksanaan diterapakan menjadi tiga waktu, selesai shalat subuh, setelah shalat ‘Asar dan setelah madrasah diniyah. (2) dampak metode takror dalam meningkatkan kelancaran membaca di pondok pesantren tahfidzul Qur’an al-hasan adalah meningatkan kelancaran membaca al-Qur’an bagi pemula. (3) kegiatan takror juga sangat berdampak dalam meningkatkan kedisplinan santri putri di Pondok Pesantran tahfidzul Qur’an Al-Hasan. Dengan adanya hukuman untuk para santri yang tidak mengikuti kegiatan takror.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 08:31
Last Modified: 03 Jun 2021 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item View Item