(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, DAN TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Analisis Peranan Pengembangan Produk Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan UD. Widagdo Rahayu Pacitan

Cuciana, Titik (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, DAN TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Analisis Peranan Pengembangan Produk Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan UD. Widagdo Rahayu Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TITIK CUCIANA UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Cuciana, Titik Analisis Peranan Pengembangan Produk dalam Upaya
Meningkatkan Volume Penjualan UD. Widagdo Rahayu Pacitan.
Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi
Syariah
Kata kunci: Pengembangan Produk dan Volume Penjualan.
Pemilik UD. Widagdo Rahayu Pacitan selama ini sudah melakukan
pengembangan produk, salah satunya dengan menambah kemasan produk ukuran
premium, merubah kemasan produk menjadi lebih menarik. Selain itu perusahaan
juga menambah produk baru, antara lokasi produksi dan penjualan sudah terpisah.
Awalnya tempat produksi masih menjadi satu dengan toko dan perusahaan juga
sudah menambah alat-alat produksi yang digunakan tetapi pada kenyataanya
volume penjualannya masih stabil bahkan menurun dari bulan kebulan.
Dari latar belakang diatas penulis memiliki tujuan penelitian yaitu meliputi
untuk mengetahui dan menganalisis upaya pengembangan produk yang dilakukan
pada UD. Widagdo Rahayu Pacitan dan menganalisis peranan pengembangan
produk dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada UD. Widagdo Rahayu
Pacitan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pengembangan
produk yang dilakukan UD. Widagdo Rahayu Pacitan adalah dengan menambah
jenis produk baru yang lebih variatif dan menarik. Dengan adanya penambahan
produk akan mencegah kebosanan konsumen terhadap produk yang dihasilkan
UD. Widagdo Rahayu Pacitan. Selain itu volume penjualan produk di UD.
Widagdo Rahayu Pacitan mengalami peningkatan. Hal ini terbukti berdasarkan
hasil penjualan pada tahun 2014 mengalami kenaikan penjualan sebesar 1,39%.
Ketika terjadi penambahan produk lain penjualan juga terus mengalami kenaikan
meskipun tidak terlalu signifikan. Berdasarkan perhitungan di atas menunjukkan
bahwa prosentase kenaikan produk dalam lima tahun terakhir (2015 s/d 2019).
Bahwa pada tahun 2016 mengalami kenaikan sebesar 1,03% dari tahun
sebelumnya. Lalu pada tahun 2017 mengalami kenaikan penjualan sebesar 0,7%
dari tahun sebelumnya, pada tahun 2018 mengalami kenaikan 0,23% dari tahun
sebelumnya dan pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 0,20% dari tahun sebelumnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 07:35
Last Modified: 20 May 2021 07:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13739

Actions (login required)

View Item View Item