PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTs DARUL HUDA MAYAK PONOROGO

Muslimatun, Muslimatun (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTs DARUL HUDA MAYAK PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis Muslimatun.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTs DARUL HUDA MAYAK PONOROGO
ABSTRAK
Kepala sekolah adalah personel sekolah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan di sekolah. Ia mempunyai wewenang dan tanggungjawab untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kompetensi profesional guru di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo yang membuat kepala sekolah melakukan perannya sebagai supervisor. Berbagai langkah supervisi ditempuh oleh kepala sekolah di samping tugasnya melakukan perannya sebagai manajer, administrator, motivator dan lain sebagainya. Supervisi ialah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif oleh karena itu kepemimpinan kepala sekolah merupakan proses aktualisasi antara kepala sekolah dan guru serta komponen pendidikan lainnya dalam upaya untuk maju kearah tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepala sekolah MTs Darul Huda Mayak Ponorogo dalam melakukan perannya sebagai supervisor untuk meningkatkan kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.
Perumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana supervisi kepala sekolah di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo, hubungan supervisi kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo, serta kompetensi profesional guru MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana penelitian ini dilakukan dalam lokasi MTs Darul Huda Mayak Ponorogo, adapun dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai supervisor dengan teknik kunjungan kelas, wawancara individu, mengadakan workshop, seminar dan mengadakan rapat. Maka hal itu berdampak pada kompetensi profesional guru yang terus membaik dalam prses belajar mengajar di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 06:37
Last Modified: 20 May 2021 06:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13737

Actions (login required)

View Item View Item