PENGARUH RELOKASI PASAR, MODAL USAHA DAN LAMA USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG MUSLIM (STUDI KASUS DI PASAR PARANG KABUPATEN MAGETAN)

Muflikah, Damayanti Lailil (2021) PENGARUH RELOKASI PASAR, MODAL USAHA DAN LAMA USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG MUSLIM (STUDI KASUS DI PASAR PARANG KABUPATEN MAGETAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717258_damayanti_skripsi-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muflikah, Damayanti Lailil. 2021. Pengaruh Relokasi Pasar, Modal Usaha, Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Muslim (Studi Kasus Di Pasar Parang Kabupaten Magetan). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Luhur Prasetiyo, S. Ag., M.E.I.
kata Kunci: Relokasi Pasar, Modal Usaha, Lama Usaha, Pendapatan.

Pendapatan adalah penghasilan yang timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa (misalnya: penjualan barang dagangan atau pendapatan jasa). faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan, diantaranya: Kondisi dan kemampuan pedagang, kondisi pasar, modal, kondisi organisasi usaha dan faktor lain.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh relokasi pasar terhadap pendapatan pedagang, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal usaha terhadap pendapatan pedagang, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lama usaha terhadap pendapatan pedagang, (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh relokasi pasar, modal usaha dan lama usaha terhadap pendapatan pedagang muslim di Pasar Parang Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian survei. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin berjumlah 87 responden. Pengumpulan data dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji asusmsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji R2, dan uji hipotesis (uji t dan uji F).
Pengujian data data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS Versi 23 dan memperoleh hasil: 1) Relokasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang muslim dengan nilai t hitung > t tabel atau 6,740 > 1,989. 2) Modal usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang muslim dengan nilai t hitung > t tabel atau 17,219 > 1,989. 3) Lama usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang muslim dengan nilai t hitung > t tabel atau 6,509 > 1,989. 4) Relokasi pasar, modal usaha dan lama usaha secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang muslim di Pasar Parang Kabupaten Magetan, dibuktikan dengan nilai nilai F hitung > F tabel atau 212,789 > 2,715.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 03:19
Last Modified: 20 May 2021 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item