(GUNKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pesan Moral pada Video Youtube Mother Earth Karya Alffy Rev (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Pradina, Alfareza Ayu (2021) (GUNKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pesan Moral pada Video Youtube Mother Earth Karya Alffy Rev (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUS SKRIPSI ALFAREZA AYU PRADINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pradina, Alfareza Ayu. 2021. Pesan Moral pada Video Youtube Mother Earth Karya Alffy Rev (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Irfan Riyadi, M.Ag.
Kata Kunci: Video Youtube, Mother Earth, Semiotika, Pesan Moral, Ajaran Islam
Media sosial menjadi media paling efektif dalam mengkomunikasikan pesan-pesan yang hendak disampaikan seseorang. Salah satu bentuknya adalah situs video Youtube. Dalam perkembangannya, media Youtube digunakan untuk berbagi video-video yang memiliki tujuan tertentu. Seperti pada sebuah video youtube berjudul “Mother Earth” karya Alffy Rev yang memiliki pesan tersirat mengenai adanya suatu wabah. Wabah ini memberikan dampak pada alam dan makhluk hidup yang ada di dalamnya termasuk manusia. Video tersebut menggambarkan keadaan saat ini, dimana kita tengah berada dalam situasi adanya wabah virus Corona. Kondisi yang telah mengakibatkan banyak umat manusia meninggal dunia karena terkena virus.

Pada penelitian ini, penulis menaruh perhatian pada pesan moral yang terkandung dalam Video Youtube Mother Earth karya Alffy Rev tersebut. Masalah yang diteliti pada penelitian ini meliputi 1) interpretasi tanda-tanda pesan moral yang ada dalam video youtube Mother Earth berdasarkan Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce, dan 2) pesan moral yang terdapat dalam video youtube Mother Earth dan kesesuaiannya dengan ajaran Islam. Peneliti melakukan analisis tanda representamen, objek, dan interpretan pada gambar atau lirik yang berkaitan dengan pesan moral didalamnya.

Adapun hasil dari penelitian yakni 1) berdasarkan analisis semiotika Charles Sanders Peirce terdapat tanda pesan moral yang apabila diinterpretasikan mengenai kesadaran akan kekayaan alam, kerusakan alam akibat wabah, kepedulian manusia, dan juga rasa sabar dan ikhlas menghadapi keadaan. 2) adapun pesan moral dalam video dan kesesuaiannya dengan ajaran Islam berupa menjaga dan melestarikan alam sesuai dengan apa yang telah dianjurkan Allah Swt sebagai bentuk rasa syukur kepada-Nya. Senantiasa untuk bersabar dan ikhlas dalam menghadapi situasi yang sulit di tengah adanya wabah virus corona.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 03:29
Last Modified: 20 May 2021 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item View Item