MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SMAN 3 TARUNA ANGKASA MADIUN

Sholihah, I'anatus (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI SMAN 3 TARUNA ANGKASA MADIUN. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TESIS I'ANATUS SHOLIHAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pluralitas suku
bangsa, bahasa,kepercayaan, adat budaya, dan tradisi
merupakan ciri khas masyarakat Indonesia, dalam masyarakat
plural, konflik sangat berpotensi untuk terjadi. Konflik yang
terjadi antar umat beragama biasanya terjadi ketika norma dan
nilai-nilai agama yang dianutnya dicampakkan atau dilecehkan
oleh penganut agama lain, konflik akan sangat mungkin terjadi
ketika tingkat toleransi antar agama tidak terpelihara dengan
baik, kesepakatan antar pemuka agama untuk hidup
berdampingan secara harmonis dalam menjalankan agamanya
masing-masing, serta saling menghormati dan saling
memahami satu sama lain merupakan faktor yang mendasar
untuk menghindari konflik antar agama yang berkepanjangan.
Semestinya keberagaman tersebut tidak menghalangi dalam
kehidupan bermasyarakat, seperti halnya di SMAN 3 Taruna
Angkasa Madiun, Perbedaan agama dan kepercayaan yang ada
di sekolah nyatanya tidak menghalangi peserta didik dalam
kehidupan dan kegiatan disekolah maupun diasrama, setiap
agama dan kepercayaan mendapat perlakuan yang sama dan
kemudian mampu menciptakan lingkunganinklusif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
program kegiatan yang bersifat inklusi, pelaksanaan pendidikan
inklusif yang menciptakan sikap saling menghormati, saling
menghargai perbedaan yang ada dan implikasi pelaksanaan
program kegiatan dalam membentuk sikap inklusif di SMAN 3
Taruna Angkasa Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis penelitian studi kasus, dengan mengambil latar SMAN 3
Taruna Angkasa Madiun, teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara untuk mencari informasi program
pendidikan inklusif, observasi untuk mengetahui
pelaksanaanprogram kegiatan pendidikan inklusif dan
Dokumentasi untuk mengetahui dokumen terkait pendidikan
inklusif. Teknik pengumpulan informan menggunakan teknik
proposive sampling, memilih dengan sengaja informan untuk
mendapatkan informasi terkait pendidikan inklusif yaitu kepala
sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, bagian keagamaan
dan perwakilan peserta didik. Analisis data ini menganalisis
terhadap data yang tersusun dengan langkah reduksi data,
display data, dan verifikasi data terkait manajemen pendidikan
inklusif di SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun.
Hasil penelitian ini adalah:1) Program kegiatan
pendidikan inklusif meliputi SISO CUP, Pengabdian
Masyarakat, dan Keasramaan. 2) SOSO CUP dilaksanakan
berbarengan dengan HUT SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun
setiao tahunnya, Pengabdian masyarakat dilaksanakan di
Ngawi dan Keasramaan dilakukan setiap harinya. 3) Implikasi
sikap inklusif yaitu inklusif dalam bersosialisasi dalam kegiatan
SISO CUP, inklusif terhadap kelemahan orang lain ketika
pengabdian masyarakat dan inklusif ketika berkomunikasi
dalam menerapkan tradisi herarki.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 03:23
Last Modified: 20 May 2021 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13728

Actions (login required)

View Item View Item