Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Profitabilitas di PT.Bank Muamalat Indonesia.Tbk KCU Kediri

Nigmah, Fitriyah Ulfatun (2021) Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Profitabilitas di PT.Bank Muamalat Indonesia.Tbk KCU Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Fitria UN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Ulfatun Nigmah, Fitriyah. 2021, Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Profitabilitas di PT.Bank Muamalat Indonesia TBK.KCU.Kediri.Skripsi, 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pnorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri, M.S.Ak.

Kata Kunci: Strategi bisnis, Rasio Keuangan, ROA, ROE

Strategi bisnis merupakan hal terpenting dalam suatu organisasi ataupun lembaga untuk tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan.Bank Muamalat Indonesia mengalami penurunan dalam segi Profitabilitas. Bank Muamalat Indonesia memiliki kelemahan terutama dari aspek kualitas aktiva produktif dan profitabilitas bila dibandingkan dengan bank-bank lain yang disebabkan karena Bank Muamalat telah salah dalam pemilihan strategi bisnis yang seharusnya Bank Muamalat lebih fokus ke ritel bukan korporasi karena Indonesia mayoritas atau hampir 90% penduduknya Muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis yang dijalankan oleh Bank Muamalat KCU.Kediri dalam meningkatkan Profitabilitas Bank sehingga perusahaan mampu beroperasi dengan baik untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan memperoleh keuntungan sesuai yang diharapkan
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dengancara observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data terkait strategi bisnis dalam meningkattkan Profitabilitas di Bank Muamalat KCU.Kediri.
Hasil penelitian ini mengatakan bahwa Bank Muamalat Indonesia mengalami penurunan dalam segi Profitabilitas. Bank Muamalat KCU.Kediri memiliki kelemahan terutama dari aspek kualitas aktiva produktif dan profitabilitas bila dibandingkan dengan bank-bank lain seperti BRI.Untuk mengejar ketertinggalannya dan mampu berkembang memanfaatkan potensi pasar di Indonesia harus membenahi kualitas aktiva produktif terutama kualitas kredit, sedapat mungkin meningkatkan efisiensi pada biaya operasional memperlebar margin laba dan mengembangkan produk-produk fee based income.Bank Muamalat Kediri melakukan Penyaluran pembiayaan pada sektor UMKM, dan diharapkan dapat meningkatkan profitabilitas pada perusahaan Bank Muamalat KCU.Kediri. Selain itu membina hubungan baik dan mempertahankan kerja sama dengan nasabah dinilai sangat penting. Memberikan pelayanan konsultasi terhadap kebutuhan nasabah baik investasi dana maupun pembiayaan. Bank Muamalat KCU.Kediri melakukan strategi jemput bola dengan terus menawarkan produk-produk unggulan Bank Muamalat dan membidik nasabah yang kiranya bisa menginvestasikan dananya ke Bank Muamalat dan juga nasabah yang ingin melakukan pembiayaan, membangun relasi dengan para calon nasabah sehingga terjalin hubungan baik dalam kerja sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 02:57
Last Modified: 20 May 2021 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item View Item