Pengaruh Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Wisna Fresh Desa Siman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo

Putra, Vinardo Setiyo (2021) Pengaruh Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Wisna Fresh Desa Siman Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi 2021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setiyo Putra. Vinardo 2021, Pengaruh Harga dan Inovasi produk Terhadap
Keputusan Pembelian di Wisna Fresh Desa Siman Kecamatan Siman
Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, FEBI, IAIN
PONOROGO, Progam Sarjana S-1. Pembimbing Ruliq Suryaningsih,M.Pd
Kata Kunci: Harga, Inovasi Produk, Keputusan pembelian
Keputusan pembelian adalah tahap dalam proses terhadap pengambilan
keputusan pembeli dimana konsumen benar-benar akan membeli. Keputusan
konsumen dalam membeli sebuah produk dipengaruhi oleh beberapa faktor,
diantaranya adalah harga dan inovasi produk. Semakin harga nya murah semakin
banyak pula konsumen yang akan membeli produk tersebut dan semakin banyak
inovasi yang dilakukan maka produk yang baru yang terjual akan semakin banyak.
Namun teori tersebut bertentangan dengan kenyataan yang ada, dimana hasil
wawancara dengan konsumen mangatakan bahwa walau harganya mahal tetap
membeli produk tersebut dan walaupun inovasi produk nya banyak tetapi lebih suka
produk yang lama. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Apakah Harga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Wisna Fresh Siman
Ponorogo?, (2) Apakah inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian di Wisna Fresh Siman Ponorogo?, (3) Apakah harga dan
inovasi produk berpengaruh secara bersama-sama
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis
penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen Wisna Fresh Siman Ponorogo yang jumlah nya 2489. Tekhnik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling aksidental
dengan 96 responden sebagai sampel penelitian. metode analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi liner
berganda.
Hasil analisis uji t menunjukkan tingkat signifikan X1 berada pada taraf 0,000
(0,000<0,05) dengan nilai t hitung 2,505 sedangkan X2 berada pada taraf signifikasi
0,000 (0,000>0,05) dengan nilai t hitung 13 114, serta berdasarkan uji F variabel X1
dan X2 sama-sama berada pada taraf signifikan 0,00 (0,000<0,05) dengan F hitung
570,971 nilai koefisien determinasi R2 menunjukkan 0,925. Berdasarakan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian. Serta berdasarkan uji F terbukti harga dan inovasi produk
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji R2
terbukti bahwa masing-masing variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat
sebesar 92,5% 7,5 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RULIQ SURYANINGSIH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 02:36
Last Modified: 20 May 2021 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item