PERAN AKUN INSTAGRAM @KEBUNREFUGIAMAGETAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG WISATA KEBUN REFUGIA MAGETAN

Afifah, Mega (2021) PERAN AKUN INSTAGRAM @KEBUNREFUGIAMAGETAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG WISATA KEBUN REFUGIA MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESESMega Afifah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afifah, Mega. 2021. Peran Akun Instagram @Kebunrefugiamagetan Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Wisata Kebun Refugia Magetan Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Asna Istya Marwantika, M.Kom.I.

Kata Kunci : Peran Instagram, Promosi, Minat Pengunjung

Kebun Refugia Magetan merupakan tempat wisata yang berada di Kabupaten Magetan Jawa Timur. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang dilengkapi dengan spot foto dan wahana edukasi yang menjadikan wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wisata ini mulai dikenal oleh masyarakat baik dari daerah Kabupaten Magetan dan sekitarnya maupun luar Kabupaten Magetan, sejak dibukanya wisata ini dan banyak bermunculan foto di media sosial Instagram pada tahun 2019. Media Sosial Instagram adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses dan menngunggah foto, video, dan filtur Instagram story dengan efek animasi yang tersedia.
Dalam skripsi ini, peneliti menyajikan pembahasan meliputi : pertama, bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi di Kebun Refugia Magetan. Kedua, bagaimana peran Instagram dalam meningkatkan minat pengunjung Kebun Refugia Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media promosi serta peran Instagram dalam meningkatkan minat pengunjung Kebun Refugia Magetan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Jl Sarangan No.387, Plaosan II, Plaosan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Penulis mendapatkan sumber data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi dari pengelola wisata, pengelola akun dan follower. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriftif. Penulis menggunakan teknik analisis data model interaktif, teknik analisis data ini terdiri atas sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: (1) Pemanfaatan media sosial Instagram oleh Kebun Refugia Magetan melalui akun @kebunrefugiamagetan melakukan langkah-langkah kegiatan promosi dengan memanfaatkan memanfaatkan fitur-fitur Instagram seperti Fitur foto atau video, Instagram Stories, judul atau caption, hashtag, mentions dan juga geotag. Dalam bentuk promosinya sudah memenuhi atau sesuai dengan teori AISAS atau Attentions, Interest, Search, Action, Share. (2) Berdasarkan data yang diperoleh peneliti di lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, media sosial Instagram cukup efektif sebagai media promosi dalam meningkatkan minat pengunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 03:35
Last Modified: 20 May 2021 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13721

Actions (login required)

View Item View Item