STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB HIJRAH HAJI PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU PONOROGO DI MASA PANDEMI COVID-19

Rakhmayani, Halimah (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB HIJRAH HAJI PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU PONOROGO DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817199_HALIMAH RAKHMAYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rakhmayani, Halimah. Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Hijrah Haji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Di Masa PandemiCovid-19. 2021. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Said Abadi, M.A.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, ProdukTabungan iB Hijrah Haji
Produk Tabungan iB Hijrah Haji Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogomerupakan produk unggulan yang banyak peminat dibandingkan dengan produk lainnya, banyaknya masyarakat muslim di kota Ponorogo serta fenomena daftar tunggu (waiting list) yang mencapai belasan tahun mampu dimanfaatkan. Bank Muamalat Indonesia menciptakan produk haji dan selalu berinovasi dalam strategi pemasaran yang terdiri dari 4P yaitu, Product, Price, Place, Promotion dan dampak terhadap strategi pemasaran produk tabungan iB Hijrah Haji pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo di masa pandemi covid-19.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu cara kerja penelitian yang menekankan pada aspek mendalam data demi mendapatkan kualitas dari hasil penelitian. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan model pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk tabungan iB Hijrah Haji pada masa pandemi covid-19 bauran pemasaran/marketing. Pada bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P yaitu strategi Product, Price, Place, Promotion. Strategi pemasaran yang diterapkan bank Muamalat yaitu dengan media online, brosur, mengikuti event sekolah, bekerja samadengan pihak eksternal program ujrah porsi haji, menawarkan kepada nasabah secara personal yang dilakukan oleh SDM Muamalat.Dampak strategi pemasaran produk tabungan iB Hijrah Haji pada masa pandemi covid-19 membawa pengaruh yaitu menambah jumlah nasabah pada Bank Muamalat, dengan menggunakan media social dapat mempermudah marketing pemasaran untuk melakukan pemasaran tanpa terjun lapangan, mempermudah masyarakat maupun nasabah baru mendapatkan informasi tentang produk tabungan iB Hijrah Haji yang terdapat di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo, meningkatkan pengetahuan masyarakat serta meningkatkan reputasi terhadap Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo selain dampak positif juga terdapat kekhawatiran nasabah keluar rumah, tidak jadinya pemberangkatan, adanya tambahan pelunasan karena penambahan protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 01:48
Last Modified: 20 May 2021 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item