PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS ARAB KALIGRAFI ANTARA PESERTA NASKAH BINKAT IBNU MUQLAH PUTRI YANG MENERAPKAN METODE DRILL DENGAN KONVENSIONAL DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK PONOROGO TAHUN 2019/2020

Nurjanah, Isma (2020) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS ARAB KALIGRAFI ANTARA PESERTA NASKAH BINKAT IBNU MUQLAH PUTRI YANG MENERAPKAN METODE DRILL DENGAN KONVENSIONAL DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK PONOROGO TAHUN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316104 ISMA NURJANAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurjanah, Isma.2020. Perbandingan Kemampuan Menulis Arab Kaligrafi antara Peserta Naskah Binkat Ibnu Muqlah Putri yang Menerapkan Metode Drill dengan Konvensional di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’ Subaidi, M.Ag.

Kata kunci: Metode Drill, Kemampuan Menulis Arab Kaligrafi.
Dalam penelitian skripsi ini terdapat problematika yang dihadapi oleh peserta Naskah I Binkat Ibnu Muqlah Darul Huda Mayak Ponorogo yang mana dalam hal menulis arab kaligrafi masih kurang. Kemampuan menulis kaligrafi sangatlah berpengaruh dalam kemampuan menulis arab/huruf hijaiyah pada peserta didik, khususnya pada lembaga pondok pesantren, kemampuan menulis arab ini juga memudahkan guru dalam belajar pendidikan agama islam seperti pembelajaran mengenai al-qur’an dan hadits. Menyikapi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode Drill dimana metode Drill merupakan metode yang mengajarkan ketrampilan, ketekunan dan kesabaran dalam belajar menulis kaligrafi agar kemampuan menulis arab kaligrafi pada peserta didik meningkat.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan metode drill peserta Naskah Binkat Ibnu Muqlah Putri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo tahun 2019/2020, 2) mengetahui bagaimana kemampuan menulis arab kaligrafi peserta Naskah Binkat Ibnu Muqlah Putri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo tahun 2019/2020, 3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis arab kaligrafi yang signifikan antara peserta Naskah Binkat Ibnu Muqlah Putri yang menggunakan metode drill dengan konvensional di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo tahun 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitiannya berjumlah 250 peserta, jumlah sampelnya 20% dari 250 yakni 55 peserta. Berdasarkan hasil penelitian memperoleh hasil 1) penerapan metode drill terhadap kemampuan menulis arab kaligrafi dalam kategori sedang dengan prosentase 76,6 % kelas eksperimen, dan tanpa penerapan metode drill 56% pada kelas control 2)kemampuan menulis arab kaligrafi masuk dalam kategori sedang dengan prosentase 70% kelas eksperimen dan 56% kelas control. 3) dengan analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t, dilihat dari t hitung yang diperoleh adalah 2.883, sedangkan t table adalah 2.00. ini menunjukkan bahwa t hitung> t tabel. Maka Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis arab kaligrafi yang signifikan antara peserta naskah Binkat Ibnu Muqlah putri yang menerapkan metode Drill dengan konvensional di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju' Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 01:47
Last Modified: 20 May 2021 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13716

Actions (login required)

View Item View Item