Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Peminjaman Kredit Pada "Bank Mingguan" di Pasar Dolopo Kabupaten Madiun

Prawiraningrum, Niken Nurazizah (2021) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Peminjaman Kredit Pada "Bank Mingguan" di Pasar Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NIKEN NURAZIZAH PRAWIRANINGRUM-210217104-HES.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Prawiraningrum, Niken Nurazizah, 2021, Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Tehadap Praktik Peminjaman Kredit Pada “Bank Mingguan” di Pasar Dolopo Kabupaten Madiun, Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Abid Rohmanu, M.H.I.
Kata Kunci : “Bank Mingguan”, Kredit, Faktor, Pedagang
Salah satu pasar tradisional yang masih menjadi tempat menjamurnya praktik pinjaman kredit kepada pihak perseorangan atau lembaga keungan non formal adalah Pasar Dolopo Kabupaten Madiun. Pihak perseorangan atau lembaga keuangan non formal yang menyediakan pinjaman ini disebut sebagai “bank mingguan” oleh sebagian pedagang karena belum memiliki nama yang baku. Praktik pinjaman kredit kepada “bank mingguan” ini sebenarnya memberatkan bagi pedagang karena bunga yang ditetapkan tergolong tinggi, dengan bunga pinjaman yang dikenakan rata-rata di atas 20%. Di Pasar Dolopo Kabupaten Madiun praktik peminjaman kredit kepada “bank mingguan’ menjadi alternatif bagi sebagian pedagang untuk mendapatkan tambahan modal.
Berdasarkan hal tersebut penulis ingin meneliti lebih lanjut dengan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap tindakan pedagang dalam melakukan kredit pada “bank mingguan” di Pasar Dolopo Kabupaten Madiun. (2) Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi tindakan pedagang terhadap kredit pada “Bank Mingguan” di Pasar Dolopo Kabupaten Madiun.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan bedasarkan pengamatan tersebut.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan kredit pada “bank mingguan” tindakan pedagang memiliki orientasi antara lain yaitu Pertama, tindakan berorietasi tujuan. Kedua, tindakan berorientasi nilai. Ketiga, tindakan beorientasi perasaan. Keempat, tindakan beorientasi kebiasaan. Jika dipandang dalam kaidah maqa>shid syari>’ah tindakan pedagang dalam melakukan kredit pada “bank mingguan” juga mengandung maslahah dan mafsadat. Sedangkan tindakan pedagang dalam praktik pinjaman kredit pada “bank mingguan” di Pasar Dolopo Kabupaten Madiun memiliki beberapa faktor yaitu Pertama, Faktor ekonomi, Kedua, Faktor nilai agama, Ketiga, Faktor emosional (perasaan), Keempat, Faktor kebiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 01:47
Last Modified: 20 May 2021 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item