Makna Dakwah Teologis dalam Film Siccin 1 (Pendekatan Semiotika Roland Barthes)

Kurniasari, Kurniasari (2021) Makna Dakwah Teologis dalam Film Siccin 1 (Pendekatan Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KURNIASARI-KPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurniasari, 2021. Pesan Dakwah Teologis (Studi Analisis Film Siccin 1 dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes) Skripsi. Jurusan Komuniasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci: Film, Dakwah teologis, Semiotika Roland Barthes.
Film dianggap media yang paling ampuh terhadap massa sebab sifatnya yang audio dan visual. Film menjadi sangat efektif sebagai media untuk menyebarkan luaskan dakwah Islam. Dengan film, pesan-pesan dan makna pesan yang disampaikan lebih ringan dan tidak terkesan menggurui. Terlebih dalam hal pemahaman terkait agama. Sampai sekarang pembahasan tentang tauhid atau teologi Islam masih merupakan tema yang selalu menarik untuk diteliti. Hidup manusia di dunia ini sangat erat kaitannya dengan Allah sang pencipta alam semesta. Dengan adanya bahasan tentang teologi Islam maka diharapkan dapat memupuk rasa cinta kepada Allah yang lebih mendalam
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka terdapat rumusan masalah. Adapaun pertanyaan pertama, yaitu bagaimana makna denotasi dakwah teologis dalam film Siccin 1. Pertanyaan kedua, yaitu bagaimana makna konotasi dakwah teologis dalam film Siccin 1. Dan pertanyaan terakhir yaitu bagaimana makna mitos dakwah teologis dalam film Siccin 1. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh informasi tentang makna dakwah teologis dalam film Siccin 1. Penelitia ini merupakan penlitian kualitatif dengan paradigma analisis untuk mengungkap adanya makna dakwah teologis dalam film tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis dokumen. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis semiotika Roland Barthes.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan tentang makna dakwah teologis dalam film Siccin 1. Pertama, Makna denotasi dakwah teologis dalam film Siccin 1: dalam bentuk tanda orang berdoa, berdzikir, penanaman keimanan kepada Allah dan yang terakhir, kepercayaan adanya surga dan neraka. Kedua, Makna konotasi dakwah teologis dalam film Siccin 1 yaitu berupa doa yang ditujukan kepada Allah dan kepada selain Allah, yakni Jin. Ketiga, Makna Mitos dakwah teologis dalam film ini adalah, bahwa doa tidak selamanya merepresentasikan hal-hal yang baik, bisa juga merepresentasikan hal-hal yang tidak baik. Kemudian mengenai penciptaan dan keberadaan makhluk ghaib, yakni jin atau setan yang hidup berdampingan dengan manusia adalah benar adanya dan kita patut untuk mempercayai keberadaannya. Serta adanya balasan untuk orang yang beriman dan kufur, berupa balasan di akhirat yakni surga atau neraka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2021 01:45
Last Modified: 20 May 2021 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13714

Actions (login required)

View Item View Item