ANALISIS SEGMENTASI PASAR BANK MUAMALAT KCP MADIUN TERKAIT PRODUK TABUNGAN HIJRAH RENCANA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Juwita, Eva (2021) ANALISIS SEGMENTASI PASAR BANK MUAMALAT KCP MADIUN TERKAIT PRODUK TABUNGAN HIJRAH RENCANA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817064_EVA JUWITA_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Juwita, Eva. Analisis Segmentasi Pasar Bank Muamalat KCP Madiun Terkait
Produk Tabungan Hijrah Rencana pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi.
2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, M. IRKH.
Kata Kunci: Segmentasi Pasar, Tabungan Hijrah Rencana, Dampak Segmentasi
Pasar.
Perkembangan lembaga keuangan yang semakin pesat, persaingan produk
dan jasa dalam satu pasar yang semakin beragam, hal ini perusahaan dituntut
untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dalam strategi pemasaran. Salah satunya
melakukan segmentasi pasar, yang memberikan dampak positif bagi perusahaan
yaitu meningkatkan nasabah, menciptakan keunggulan kompetitif dan mendeteksi
perubahan pasar. Bank Muamalat KCP Madiun juga melakukan segmentasi dalam
memasarkan produknya, yaitu produk tabungan hijrah rencana. Segmentasi yang
dilakukan yaitu dengan menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas seperti
pondok pesantren dan institut sekolah. Namun segmentasi pasar belum
menghasilkan dampak secara signifikan, justru nasabah mengalami penurunan.
Dengan demikian segmentasi pasar yang tepat sangat penting untuk dilakukan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis
segmentasi pasar Bank Muamalat KCP Madiun terkait produk Tabungan Hijrah
Rencana pada masa pandemi covid-19, dan bagaimana dampak segmentasi pasar
Bank Muamalat KCP Madiun terkait Produk Tabungan Hijrah Rencana pada
masa pandemi covid-19. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu
pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (field research), karena dalam
melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat
terjadinya fenomena, atau kasus tertentu terjadi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi pasar yang dilakukan Bank
Muamalat KCP Madiun yaitu menggunakan segmentasi geografis dan segmentasi
demografis karena produk ini berpeluang untuk masyarakat luas segala jenjang
stara sosial dan berbagai langkah-langkah segmentasi dilakukan akan tetapi hal
tersebut masih kurang mengidentifikasi pengetahuan konsumen, karakteristik
konsumen, respon konsumen serta kebutuhan dan daya beli konsumen. Dampak
segmentasi pasar yang dilakukan Bank Muamalat KCP Madiun yaitu masih
kurang mendeteksi perubahan pasar dimana masih sedikit minat nasabah dalam
menggunakan produk tabungan hijrah rencana ini dan produk yang di tawarkan
kurang sesuai dengan permintaan pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 07:26
Last Modified: 19 May 2021 07:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13703

Actions (login required)

View Item View Item