Analisis Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Kesejahteraan Petani Di Desa Gandu (Studi Pada Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan)

Tohari, Amin (2021) Analisis Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Kesejahteraan Petani Di Desa Gandu (Studi Pada Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS_AMIN TOHARI_501190001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI
DI DESA GANDU
(Studi Pada Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan)

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan petani di Desa Gandu. Mereka mengeluhkan biaya operasional untuk penanaman padi yang terlalu tinggi dan susahnya mencari tenaga kerja di sawah karena minimnya peminat di bidang pertanian. Dalam hal ini, KMPL membantu petani untuk mencari solusi permasalahan mereka. KMPL menawarkan penyemain padi di halaman rumah yang akan lebih menghemat biaya, waktu, dan tenaga. Selain itu KMPL juga memberi pelatihan kepada petani untuk memanfaatkan mesin tanam padi sebagai alternatif susahnya mencari tenaga penanam padi. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif penelitian lapangan melalui proses wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemberdayaan petani Desa Gandu yang dilakukan oleh KMPL, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan, strategi yang digunakan dalam pelaksanaan pemberdayaan petani, dan perubahan yang dihasilkan dari program pemberdayaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi petani yang dilakukan oleh KMPL menggunakan pendekatan mix metod top down dan bottom up. Strategi yang digunakan cenderung kepada aras mezzo yang menekankan pada upaya pemanfaatan potensi di masyarakat melalui pemberian motivasi pada masyarakat. Pemberdayaan ekonomi petani di Desa Gandu dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor ekternal yang mendukung dan menghambat jalannya pemberdayaan. Dampak pemberdayaan terhadap ekonomi petani di Desa Gandu yaitu biaya operasional rendah dan meningkatnya hasil panen.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 06:39
Last Modified: 19 May 2021 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13696

Actions (login required)

View Item View Item