POTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN KUALITAS EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi di Pasar LEGI Ponorogo)

Sholikhuddin, Sholikhuddin (2021) POTENSI PASAR TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN KUALITAS EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi di Pasar LEGI Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716044_Sholikhuddin_EkonomiSyariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Potensi merupakan daya yang dimiliki oleh setiap orang, tetapi daya tersebut belum dikelola dengan maksimal. Oleh karena itu, yang menjadi tugas dari pengelola yang berpotensi yakni bagaimana cara mengelola potensi yang ada guna untuk meraih potensi yang maksimal. Potensi dapat menjadi perilaku apabila dikelola dan dikembangkan melalui proses yang tertata. Karena potensi tidak akan terwujud secara maksimal apabila pengelolaan maupun sistem pengelolaannya tidak sesuai dengan metode ataupun teori yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, penelitian ini merumuskan masalah untuk mengetahui: Bagaimana potensi yang ada dan sistem pengelolaan potensi di pasar Legi Ponorogo?; Bagaimana dampak pegelolaan potensi pasar terhadap peningkatan ekonomi pedagang?
Tujuan utama penelitian ini menunjukkan potensi pendukung pasar Legi, untuk mengetahui sistem pengelolaan pasar Legi dan untuk mengetahui dampak pengelolaan potensi untuk peningkatan ekonomi masyarakat khususnya pedagang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Peneliti menunjukkan Harga produk lebih murah, Produk yang dipasarkan lebih berfariasi, Fasilitas yang diberilkan lebih lengkap, Pedagang kebanyakan menggunakan jilbab, Pedagang Islami semua, Produk yang ditawarkan berkualitas dan juga halal, Pedagang jujur, Ada barang grosir dari produsen di Ponorogo maupun dari luar daerah kebanyakan sayur-sayuran, Penataan los yang rapi, Operasional pasar dibuka selama 24 jam. Untuk pengelolaan potensi pasar dikelola langsung oleh dinas PERDAGKUM kabupaten Ponorogo. Dampak pengelolaan potensi pasar terhadap penongkatan ekonomi masyarakat khususnya pedagang yaitu sangat berpengaruh bagi peningkatan ekonomi. Karena potensi yang ada dikelola dengan rapi dan baik oleh dinas PERDAGKUM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 05:08
Last Modified: 19 May 2021 05:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item View Item