Analisis Karakter Calon Nasabah Pembiayaan (Studi Pada BSI KCP Ponorogo)

Lestari, Hidayah Tri (2021) Analisis Karakter Calon Nasabah Pembiayaan (Studi Pada BSI KCP Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
THESES[1]-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Tri Lestari, Hidayah. 2021. “Analisis Karakter Calon Nasabah Pembiayaan (Studi Pada BSI KCP Ponorogo).” Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Iza Hanifuddin, Ph.D.
Kata Kunci: Pembiayaan, Analisis Character, Pembiayaan Bermasalah
Karakter nasabah merupakan hal penting untuk dicermati dalam rangka pencairan pembiayaan. Karakter merupakan aspek yang terlalu bersifat pribadi dan menyangkut persoalan kedalaman jiwa individu. Oleh karena itu, hal ini menjadi sulit untuk dikenali. Dalam konteks pembiayaan, BSI KCP Ponorogo juga mengalami kendala dalam mengenali karakter nasabahnya sehingga diperlukan berbagai perangkat pendukung untuk memastikan tidak terjadi resiko dalam pembiayaan. Penilaian terhadap karakter menjadi hal penting yang diutamakan demi antisipasi resiko ini.
Penelitian ini memfokuskan diri pada prakik penilaian calon nasabah pembiayaan, pengutamaan penilaian karakter calon nasabah, dan dampak penilaian karakter terhadap peningkatan jumlah nasabah dan pendapatan bank. Oleh karena itu, penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. pada teknik analisis data peneliti mengawali penelitian ini dengan memaparkan fakta-fakta ini kemudian dan diakhiri dengan teori pembiayaan dan analisis karakter pembiayaan.
Hasil penelitian ini ialah praktik analisis penilaian calon nasabah dilakukan dengan cara kontrol terhadap karakter mereka menggunakan SID pada BI Checking dan wawancara kepada mereka, kontrol terhadap kelancaran usaha dan modal calon nasabah, kontrol terhadap jaminan yang semua ini dilakukan dengan baik dan serius menepati prinsip character, capital dan collateral dalam teori 5C. Pengalaman pembiayaan bermasalah sebelum ini telah dijadikan alasan BSI KCP Ponorogo untuk mengutamakan karakter calon nasabah. Bagi BSI KCP Ponorogo, karakter merupakan tolak ukur kemauan nasabah dalam pengembalian pembiayaan karena prinsip character itu sendiri. Dampak penilaian karakter tidak berkaitan langsung dengan jumlah nasabah. Jumlah nasabah bertambah lebih disebabkan oleh cara pelayanan (service). Jumlah pendapatan bank bergantung pada ketegasan dalam pelaksanaan analisis pembiayaan yang di ujungnya tidak muncul pembiayaan bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 04:22
Last Modified: 19 May 2021 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13688

Actions (login required)

View Item View Item