Pesan Toleransi Beragama Dalam Film Bajrangi Bhaijaan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Khairulyanto, Alfian (2021) Pesan Toleransi Beragama Dalam Film Bajrangi Bhaijaan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Etheses Full 211017056.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Film sebagai media komunikasi massa dapat menjadi alatkomunikasiyang sejatinya bersifat efektif. Sebagai representasi dari realitasyang ada, film terbentuk berdasarkan kode, konvensi, dan ideologi darikebudayaan.Pada penelitian ini, peneliti memilih film sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada film Bajrangi Bhaijaan dengan fokus penelitian untuk mengetahui makna pesan toleransi beragama dalam film Bajrangi Bhaijaan. Pemilihan film tersebut sebagai penelitian bukan tanpa alasan, yaitu karena diantara banyak film bertemakan toleransi yang ada, film Bajrangi Bhaijaan lebih dikenal secara internasional dan memiliki rating yang tinggi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan datadeskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan prilakuyang diamati.Penelitian ini berpedoman pada pendekatan kualitatif, denganmenggunakan analisis semiotika model Charles Sanders Peirce. Peirce mengkategorikan tanda dengan teori segitiga makna yang terdiri dari tiga elemen utama yakni, representament/sign, object, dan interpretant.Peneliti melakukan analisis terhadap pemilihan adegan dan dialog yang berhubungandengan nilai toleransi antarumat beragama.
Penelitian pada film Bajrangi Bhaijaan ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut; berdasarkan sign, pesan toleransi terdapat pada adegan-degan dalam film tersebut. Berdasarkan object, pesan toleransi mengacu pada adegan toleransi beragama. Berdasarkan interpretant, pesan toleransi beragama yang terkandung adalah saling menyayangi kepada sesama manusia, sikap tolong menolong, menghargai dan menghormati keyakinan orang lain dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Pesan toleransi beragama dalam film ini disampaikan dengan baik dan mudah diterima. Dengan mengamati serta mengerti intisari film Bajrangi Bhaijaan, akan membentuk kesadaran jiwa atau nurani seseorang sehingga menimbulkan rasa saling mengerti, menghormati keyakinan orang lain, dan memberikan kebebasan atau kemerdekaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 01:50
Last Modified: 19 May 2021 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item View Item