(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Analisis Pengaruh GDP Terhadap Profitabilitas Dengan Suku Bunga Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Tahun 2015-2018

Suprihatin, Anik (2021) (LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Analisis Pengaruh GDP Terhadap Profitabilitas Dengan Suku Bunga Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Tahun 2015-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (940kB)

Abstract

ABSTRAK
Anik Suprihatin, 2021, Analisis Pengaruh GDP Terhadap Profitabilitas Melalui Suku Bunga Sebagai Variabel Intervening Bank Umum Syariah periode tahun 2015-2018. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ika Susilawati. SE., M.M.
Kata Kunci: Profitabilitas, GDP dan Suku Bunga
Tingkat pendapatan yang diukur dengan GDP akan mempengaruhi pada saving dari seseorang, semakin besar tingkat GDP maka profitabilitas bank juga akan meningkat. Sedangkan Tingkat suku bunga yang meningkat akan meningkatkan beban perusahaan, namun apabila perusahaan mampu mengatur pendanaan usahanya hingga menekan biaya-biaya yang dikeluarkan dan mampu meningkatkan maka akan meningkatkan laba perusahaan. Apabila GDP mengalami peningkatan maka profitabilitas juga akan ikut meningkat dengan suku bunga yang mengalami peningkatan. Di peneliian ini suku bunga sebagai variabel intervening. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: Apakah GDP berpengaruh secara langsung terhadap profitabilitas ? Apakah Suku bunga berpengaruh secara langsung terhadap profitabilitas ? Apakah variabel GDP secara tidak langsung berpengruh terhadap profitabilitas suku bunga ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adaah teknil dokumentasi dan kepustakaan. Sumber data berasal dari data sekunder berupa laporan keuangan dri beberapa bank. Metode analisis data yang digunakan uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, analisis regresi linier beganda, analisis regresi linier sederhana, analisis jalur, uji sobel, dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi).
Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa variabel GDP berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan hasil thitung 1,948 > ttabel 1,669 dan signifikan -0,140 < 0,05, sehingga H1 diterima. Sedangkan suku bunga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai thitung 0,420 < ttabel 1,669 dan signifikan 0,646 > 0,05 , sehimngga H2 ditolak. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa bahwa GDP (X) tidak dapat meningkatkan profitabilitas (y) melalui perantara suku bunga (z), pengaruh tidak langsung sebesar 0,03597 < pengaruh langsung sebesar 0,225 sehingga H3 ditolak karena tidak ada pengaruh tidak langsung antara GDP terhadap profitabilitas melalui suku bunga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 01:34
Last Modified: 19 May 2021 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13669

Actions (login required)

View Item View Item