Pengaruh Persepsi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020

Wahyuni, Sri (2021) Pengaruh Persepsi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616189_SRI WAHYUNI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wahyuni, Sri. 2021. Pengaruh Persepsi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Flash Card, Hasil Belajar, Tematik
Keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang maksimal dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal meliputi faktor jasmani, faktor psikologis dan faktor kelelahan. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Di SDIT Badrussalam Kawedanan terdapat beberapa peserta didik belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Berdasarkan observasi dari 47 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal berjumlah 35 peserta didik atau 74% dan yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal berjumlah 12 peserta didik atau 26%.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media flash card kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan; 2) bagaimana hasil belajar Tematik kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan; 3) adakah pengaruh secara signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media flash card terhadap hasil belajar Tematik kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan penelitian non eksperimen bersifat ex-post facto. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas IV SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan dengan jumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen dalam pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media flash card kelas IV SDIT Badrussalam Kawedanan dalam kategori sedang dengan frekuensi tertinggi sebanyak 27 siswa dengan presentase 57,44%, hasil belajar Tema 7 siswa kelas IV SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan dalam kategori sedang dengan frekuensi teringgi sebanyak 30 siswa dengan presentase 63,83%, dan terdapat pengaruh secara signifikan antara persepsi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media flash card terhadap hasil belajar Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 01:24
Last Modified: 19 May 2021 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13660

Actions (login required)

View Item View Item