(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Implementasi monitoring pembiayaan murābah̟ah dan mekanisme penyelesaian pembiayaan bermasalah pada BRI Syariah kantor cabang pembantu Magetan

Nurdinalloh, Fathan (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Implementasi monitoring pembiayaan murābah̟ah dan mekanisme penyelesaian pembiayaan bermasalah pada BRI Syariah kantor cabang pembantu Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Fathan N 210816049.doc

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK

Nurdinalloh,Fathan.2021. Implementasi Monitoring Pembiayaan Murābah̟ah Dan Mekanisme Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Magetan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah. Pembimbing Dr. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.

Kata Kunci: Pembiayaan Bermasalah, Monitoring, dan Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah
Pembiayaan merupakan istilah yang dipergunakan dalam bank syariah, dalam memperoleh keuntungannya pembiayaan berbasis pada keuntungan bagi hasil. Bank syariah beroperasi dengan menawarkan bermacam-macam produk, sesuai dengan kebijakan bank tersebut. Salah satunya ada produk pembiayaan mikro yang di dalamnya menggunakan akad murābah̟ah. Seseorang yang berhubungan dengan pembiayaan harus menempuh prosedur pembiayaan yang sehat, meliputi prosedur persetujuan pembiayaan, prosedur administrasi dan prosedur pengawasan pembiayaan. Pengawasan pembiayaan (monitoring) dilaksanakan untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan, baik bagi berlangsungnya pembiayaan maupun kemungkinan risiko yang akan timbul dari pemberian pembiayaan tersebut. Serta apabila sudah terjadi pembiayaan bermasalah pihak bank harus mengambil langkah untuk menyelesaikan pembiayaan bermasalah tersebut Sebagaimana yang sudah dipaparkan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan monitoring pembiayaan murābah̟ah dan mekanisme penyelesaian pembiyaan bermasalah di BRI Syariah KCP Magetan.
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian field research karena peneliti dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan di tempat terjadinya fenomena atau kasus terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun diamati, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Data yang menjadi sumber adalah BRI Syariah KCP Magetan.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dalam melaksanakan monitoring pembiayaan, BRI Syariah KCP Magetan menggunakan 3 cara, yaitu monitoring sebelum pembiayaan tersebut diberikan, monitoring setelah pembiayaan tersebut diberikan dan monitoring saat pembiayaan tersebut bermasalah, namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala seperti kurang bisa nenilai karakter nasabah karena terlalu banyak nasabah dan memiliki karakter berbeda beda serta kurangnya monitoring setelah pembiayaan sebab beberpa hal. Pembiayaan bermasalah juga tak luput dari BRI Syariah KCP Magetan salah satu penyebab pembiayaan bermasalah di BRI Syariah KCP Magetan adalag penyalahgunaan dana ini mungkin disebabkan karena kurangnya monitoring setelah pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 01:18
Last Modified: 19 May 2021 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13656

Actions (login required)

View Item View Item