Pengaruh Lokasi, Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Di Objek Wisata Waturumpuk Desa Mendak Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun)

Sulistyorini, Sulistyorini (2021) Pengaruh Lokasi, Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Di Objek Wisata Waturumpuk Desa Mendak Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717135_Sulistyorini_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sulistyorini. 2021. Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus di Objek Wisata Watuumpuk Desa Mendak Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun). Skripsi, 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri, M.S.Ak.

Kata Kunci: Lokasi, Promosi, Fasilitas, Keputusan Berkunjung

Objek wisata waturumpuk terletak di Desa Mendak Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Visi dan misi wisata waturumpuk yaitu Untuk menyediakan destinasi wisata yang berkualitas di Kabupaten Madiun sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Proses keputusan berkunjung dipengaruhi bebrapa faktor seperti lokasi, promosi dan fasilitas. Beberapa fakta yang ada pada objek wisata waturumpuk akses menuju lokasi cenderung sulit dijangkau dan petunjuk jalan yang masih kurang. Sementara promosi yang dilakukan khususnya pemanfaatan sosial media sebagai media promosi masih belum maksimal. Selain itu fasilitas yang disediakan beberapa tidak berfungsi sehingga manfaat tidak dapat dirasakan dengan maksimal oleh pengunjung. Meskipun demikian, jumlah pengunjung dalam beberapa kurun waktu terakhir mengalami peningkatan yang signifikan.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh lokasi terhadap keputusan berkunjung di objek wisata waturumpuk 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan berkunjung di objek wisata waturumpuk 3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh fasilitas 4) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh lokasi, promosi, dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung di objek wisata waturumpuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Pada penelitian ini jumlah populasi yang digunakan tidak diketahui yaitu seluruh pengunjung objek wisata waturumpuk. Sehingga dalam teknik pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling dan didapatkan bahwa sampel yang dibutuhkan sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Promosi baik secara parsian maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Fasilitas baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2021 01:19
Last Modified: 19 May 2021 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13655

Actions (login required)

View Item View Item