Analisis Sistem Pengendalian Internal Berbasis COSO Di Lembaga Amil Zakat (Studi Komparatif Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Madiun Dan Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Unit Madiun)

Zunitasari, Erma (2021) Analisis Sistem Pengendalian Internal Berbasis COSO Di Lembaga Amil Zakat (Studi Komparatif Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Madiun Dan Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Unit Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses Erma.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Zunitasari, Erma. 2021. Analisis Sistem Pengendalian Internal Berbasis COSO Di Lembaga Amil Zakat (Studi Komparatif Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Madiun Dan Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Unit Madiun). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhtadin Amri, M.S.Ak.

Kata Kunci: Pengendalian Internal, COSO, Pengelolaan Zakat

Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan di negara Indonesia. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim, menawarkan zakat sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Namun, potensi zakat belum tergali secara keseluruhan. Adapun upaya yang harus dilakukan yaitu dengan praktik pengelolaan zakat baik. Lembaga amil zakat yang professional akan memberikan kepercayaan kepada masyarakat, karena sebagai salah satu organisasi nirlaba, lembaga amil zakat sangat bergantung pada kepercayaan publik. Agar kepercayaan dapat terpelihara, diperlukan praktik manajerial yang baik dengan adanya sistem pengendalian internal. Maraknya kehadiran lembaga amil zakat di indonesia, menuntut pengelola zakat agar bekerja secara professional, amanah, transparan, dan akuntabel di bidangnya. Lembaga amil zakat merupakan institusi pengelolaan zakat yang sepenuhnya dibentuk atas prakarsa masyarakat dan memiliki cara pengendalian internal yang berbeda-beda untuk meyakinkan dan membangun kepercayaan dari masyarakat. Namun, tujuannya sama yaitu mengelola dana zakat dari masyarakat dan untuk masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen sistem pengendalian internal berbasis COSO pada lembaga amil zakat. Manfaat penelitian ini bagi penulis yaitu untuk menambah wawasan tentang analisis sistem pengendalian internal berbasis COSO pada lembaga amil zakat dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menganalisa suatu penelitian, sedangkan bagi lembaga amil zakat, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam mengambil langkah-langkah perbaikan agar mengalami kemajuan pada masa mendatang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu dengan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi,dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Metode pemilihan sampel lokasi penelitian menggunakan pengambilan sampel judgement.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Madiun lebih baik dalam melaksanakan komponen dari sistem pengendalian internal berbasis COSO yang meliputi: lingkungan pengendalian, penilaian dan respon terhadap risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal pada Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Madiun membutuhkan perbaikan atau penambahan terhadap sistem informasi dan teknologi baru yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 08:28
Last Modified: 18 May 2021 08:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item View Item