Pengaruh Inflasi, FDR dan BOPO Terhadap NPF (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2019)

Setiawan, Sugeng (2020) Pengaruh Inflasi, FDR dan BOPO Terhadap NPF (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2019). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817230_SUGENGSETIAWAN_PS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Non Perfoming Finance (NPF) dipengaruhi dari sisi external dan internal, dari external dapat dipengaruhi oleh kondisi perkonomian dari sisi sisi internal bisa dipengaruhi oleh total pembiayan dan biaya operasional. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat beberapa periode yang menunjukan perubahan NPF tidak sesuai dengan teori yang ada. Perubahan pada inflasi, FDR dan BOPO yang menurun seharusnya NPF juga menurun namun pada fakta data masih terdapat beberapa periode yang menunjukan NPF naik ketika inflasi, FDR dan BOPO turun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa data bulanan yang dipublikasikan oleh OJK dan BI. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Inflasi, FDR dan BOPO. Sedangkan variabel dependen adalah NPF. Teknik analisis data dilakukan dengan Error Correction Model (ECM) dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inflasi dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan terhadap NPF, sedangkan dalam jangka panjang inflasi berpengaruh signifikan terhadap NPF. FDR dalam jangka pendek berpengaruh signifikan sedangkan dalam jangka panjang tidak berpengaruh terhadap NPF. BOPO dalam jangka pendek dan panjang berpengauh signifikan terhadap NPF. Hasil dari pengujian secara simultan menunjukan bahwa dalam jangka pendek inflasi, FDR dan BOPO berpengaruh signifikan terhadap NPF nilai nilai R squared sebesar 0,444486 yang artinya mempengaruhi NPF sebesar 44,4486%. Sedangkan dalam jangka panjang inflasi, FDR dan BOPO berpengaruh signifikan terhadap NPF nilai nilai R squared sebesar 0,789647 yang artinya mempengaruhi NPF sebesar 78,9647%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 07:11
Last Modified: 18 May 2021 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item