Analisis Renovasi Pasar Tradisional terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo

Aini, Lutfia Nur (2021) Analisis Renovasi Pasar Tradisional terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LUTFIA NUR AINI (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aini, Lutfia Nur. Analisis Renovasi Pasar Tradisional terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Said Abadi, Lc., MA.
Kata Kunci: Kebijakan, Dampak, Renovasi, dan Pendapatan
Renovasi merupakan perbaikan aset tetap yang rusak atau mengganti yang baik dengan maksud meningkatkan kualitas atau kapasitas. Harapan setelah dilakukan renovasi adalah membaiknya segala hal mulai dari bangunannya hingga aktivitas yang terjadi di dalamnya. Namun setelah beberapa bulan kegiatan di dalam pasar berjalan, banyak pedagang yang mengeluhkan menurunnya pendapatan pedagang setelah dilakukan renovasi. Banyak faktor yang melatarbelakangi menurunnya pendapatan pedagang seperti, lokasi pasar yang berbentuk loos yang membuat para pembeli kesusahan dalam menjangkau dengan indera penglihatan pedagang langganan mereka, karena adanya strategi penyeragaman lokasi berjualan dan yang baru terjadi adalah karena adanya pandemi covid-19.
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan pedekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara terhadap narasumber.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah pelaksanaan renovasi terhadap Pasar Sawoo I sudah tepat dilakukan apalagi mengingat kondisi pasar yang memiliki bangunan yang sudah tua dan sangat memprihatinkan kondisinya. Namun yang kurang tepat adalah pada saat penentuan lokasi relokasi semetara pedagang yang kurang strategis sehingga menyebabkan penurunan pendapatan pedagang. Setelah renovasi selesai dan bangunan siap untuk digunakan lagi terdapat kebijakan baru yang kembali membuat pasar semakin sepi dari pembeli yaitu adanya penyeragaan lokasi berjualan para pedagang, adanya tata letak lokasi pasar yang menyulitkan pebeli dalam menemukan pedagang langganan mereka dan adanya pandemi Covid-19 yang juga turut andil dalam turunnya pendapatan pedagang di Pasar Sawoo I. Dari dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan dari renovasi terhadap Pasar Sawoo I, ang paling terasa pada keberlangsungan kegiatan jual beli di pasar adalah dampak negatifnya. Karena setelah dilakukan renovasi pendapatan pedagang yang semula aman, tetapi setelah renovasi dilakukan mengalami penurunan bahkan sebanyak 38 pedagang mengosongkan loos dan kios mereka karena sudah tidak mampu lagi untuk kembali berjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 07:05
Last Modified: 18 May 2021 07:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item View Item