PENGARUH PEMBIAYAAN TERHADAP TOTAL ASET PADA BANK SYARIAH MANDIRI TAHUN 2012–2020 DENGAN METODE ERROR CORRECTION MODEL (ECM)

Rustiani, Nonik (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN TERHADAP TOTAL ASET PADA BANK SYARIAH MANDIRI TAHUN 2012–2020 DENGAN METODE ERROR CORRECTION MODEL (ECM). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817014_Nonik Rustiani_Perbankan Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rustiani, Nonik. 2021. “Pengaruh Pembiayaan Terhadap Total Aset Bank Syariah Mandiri tahun 2012-2020 dengan Metode Error Correction Model (ECM)”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mansur Azis, Lc., M. Si.
Kata Kunci: Total Aset, Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli, ECM
Total aset merupakan keseluruhan harta yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga keuangan yang digunakan sebagai penunjang operasional perusahaan atau lembaga keuangan tersebut, yang meliputi kas, penempatan dana pada bank, jumlah pembiayaan yang diberikan, penyertaan, penyisihan penghapusan, aktiva dan inventaris. Sehingga pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi awal bahwa naik turunnya Total Aset Bank Syariah Mandiri dipengaruhi oleh beberapa factor tersebut salah satunya yaitu pembiayaan. Dalam transaksi pembiayaan terdapat beberapa jenis pembiayaan yaitu pembiayaan bagi hasil, pembiayaan jual beli dan sewa. Dari beberapa pembiayaan yang ada, Pembiayaan musya>rakah, mudha>rabah dan mura>bah}ah diasumsikan memiliki pengaruh terhadap naik turunnya Total Aset. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lailiatul Masturoh yang menyatakan bahwa terdapat hubungan timbal balik yang saling memengaruhi antara Total Aset dengan Pembiayaan pada bank syariah. Tetapi pada beberapa periode di tahun 2012-2020 terdapat fenomena yang menggambarkan bahwa adanya ketidak konsistenan hubungan antara Pembiayaan musya>rakah, mudha>rabah, mura>bah}ah dan Total Aset.
Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisi pengaruh pembiayaan terhadap total aset. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yakni data triwulan yang dipublikasikan oleh Bank Mandiri Syariah. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembiayaan musya>rakah, pembiayaan mudha>rabah, dan pembiayaan mura>bah}ah. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah total aset. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM) dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan musya>rakah dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh positif terhadap total aset. Pembiayaan mudha>rabah dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh negatif terhadap total aset. Pembiayaan mura>bah}ah dalam jangka pendek tidak berpengaruh negatif terhadap total aset. Artinya Ketika perubahan pembiayaan mudha>rabah mengalami kenaikan sebesar 1 rupiah (melemah 1 rupiah), maka jumlah total aset mengalami penurunan sebesar 1.686.370 juta rupiah dengan asumsi variabel yang lain tetap. Sedangkan pada pembiayaan mura>bah}ah dalam jangka panjang tidak berpengaruh positif terhadap total aset. Secara simultan dalam pembiayaan musya>rakah, pembiayaan mudha>rabah dan pembiayaan mura>bah}ah dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh signifikan terhadap total aset.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 06:18
Last Modified: 18 May 2021 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13642

Actions (login required)

View Item View Item