Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim (Studi Kasus Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Mangunsuman, Siman, Ponorogo)

Wijaya, Dhanang Rohmad (2021) Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim (Studi Kasus Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Mangunsuman, Siman, Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rohmad Wijaya, Dhanang. 2021. Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim (Studi Kasus Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah Mangunsuman, Siman, Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen pembimbing Said Abadi, Lc., M.A.

Kata kunci : Kelompok Referensi, Gaya Hidup, Perilaku Konsumsi

Islam mengatur bagaimana manusia dapat melakukan kegiatan-kegiatan konsumsi yang berguna bagi kemaslahatan hidup. Perilaku konsumsi yang sesuai dengan ketentuan Islam akan membawa pelakunya mencapai keberkahan dan kesejahteraan hidup. Perilaku konsumsi dipengaruhi oleh beberapa faktor dan beberapa di antaranya dipengaruhi oleh kelompok referensi dan gaya hidup. Perkembangan gaya hidup yang semakin kapitalistik seperti saat ini, kini juga merambah ke kehidupan umat beragama. Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah yang hampir semua santrinya adalah mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini membuat para santrinya memiliki kelompok referensi yang lebih luas, sehingga seseorang akan lebih banyak menerima berbagai stimulus yang mana ikut andil dalam membentuk gaya hidup santri. Di Pondok Pesantren ini, hampir setiap hari ada kiriman paket belanja daring yang masuk untuk santri putri, terkadang kiriman paket tersebut tidak hanya satu bahkan pernah datang sepuluh paket dalam satu hari dan rata-rata itu merupakan produk fashion. Sedangkan perilaku konsumsi santri putra yang banyak dilakukan oleh mereka adalah merokok. Hampir sebagian besar dari santri putra adalah santri perokok aktif yang terbilang boros ketika sudah berurusan dengan rokok.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 responden. Metode analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan, 1) Variabel kelompok referensi diperoleh thitung sebesar 2,224 > ttabel sebesar 1,99495 maka dapat diartikan bahwa variabel kelompok referensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa muslim di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah. 2) Variabel gaya hidup diperoleh thitung sebesar 13,530 > ttabel sebesar 1,99495 maka dapat diartikan bahwa variabel gaya hidup secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa muslim di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Barokah. 3) Variabel kelompok referensi dan gaya hidup berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa muslim. Dengan nilai F sebesar 202,224 > Ftabel 3,13 maka H0 ditolak. Pengaruh yang diberikan variabel kelompok referensi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa muslim sebesar 85,4%. Sedangkan 14,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 06:10
Last Modified: 18 May 2021 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item View Item