ANALISIS STRATEGI BANK DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK TABUNGAN iB HIJRAH HAJI DI BANK MUAMALAT INDONESIA KCP MADIUN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Islamiati, Nur (2021) ANALISIS STRATEGI BANK DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK TABUNGAN iB HIJRAH HAJI DI BANK MUAMALAT INDONESIA KCP MADIUN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817065Nur_IslamiatiPerbankanSyariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur Islamiati. Analisis Strategi Bank Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Produk iB Hijrah Haji di Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimbing Said Abadi, Lc., MA.
Kata kunci: Strategi, Minat Nasabah, Faktor internal, faktor eksternal.
Perkembangan Bank saat ini telah mengalami banyak perubahan, setiap Bank dihadapkan dengan masalah mengenai pemasaran, maka dari itu Bank harus bisa merumuskan strategi pemasaran yang tepat, Bank perlu mengetahui pesaingnya. Bank harus terus membandingkan produk, harga, dan promosi miliknya dengan milik pesaingnya, Dengan cara ini Bank akan dapat menemukan kekurangan atau keunggulan yang ada.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan bank untuk meningkatkan minat menjadi nasabah Produk Tabungan iB Hijrah Haji di Bank Muamalat Indonesi KCP Madiun Pada Masa Pandemi Covid-19. Dan yang kedua untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk Tabungan iB Hijrah Haji di Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun pada masa pandemi Covid-19 dan yang ke dua

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research), sedangkansifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknikpengumpulan data wawancara Wawancara dilakukan dengan pihak Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun dan Nasabah Bank Muamlat Indonesia KCP Madiun. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber dataprimer dan sumber data sekunder.

Strategi untuk meningkatkan minat menjadi nasabah Produk Tabungan iB Hijrah Haji yaitu dengan cara sosialisasi dan melakukan perbandingan dengan bank lain. Dengan begitu bank akan mengetahui kekurangan dan kelebihan sehingga dapat menjadi masukan dan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk tabungan iB hijrah haji di Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi adalah keinginan yang timbul dari diri sendiri (kepribadian), motivasi, agama, pengalaman dan kepercayaan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu keluarga,lingkungan, pelayanan, profit sharing, lokasi dan promosi yang dilakukan oleh pihak Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 05:25
Last Modified: 19 May 2021 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13638

Actions (login required)

View Item View Item