ANALISIS PENGARUH PDRB, PENDIDIKAN DAN UMP TERHADAP PENGANGGURAN DI PROVINSI PULAU JAWA TAHUN 2011-2019

Ernawaningtyas, Liya (2020) ANALISIS PENGARUH PDRB, PENDIDIKAN DAN UMP TERHADAP PENGANGGURAN DI PROVINSI PULAU JAWA TAHUN 2011-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716183_LIYA ERNAWANINGTYAS - ETESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ernawaningtyas, Liya. 2020.
Kata Kunci: PDRB, Pendidikan, UMP, Pengangguran
Terjadinya pengangguran secara umum akibat jumlah tenaga kerja tidak dapat diserap oleh lapangan kerja. Menurut Teori, pengangguran disebabkan oleh beberapa faktor antara lain yaitu jumlah PDRB, Pendidikan, Upah Minimum Provinsi dan lain sebagainya. Pengangguran bertambah apabila jumlah PDRB mengalami penurunan dan akan berkurang apabila jumlah PDRB mengalami kenaikan. Kemudian, semakin tinggi pendidikan yang dimiliki masyarakat maka akan berdampak pada kemudahan mereka untuk memperoleh pekerjaan. Sedangkan rendahnya pendidikan yang dimiliki seseorang akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan demikian pendidikan akan berpengaruh terhadap jumlah pengangguran. Berdasarkan teori tingginya upah yang diberikan akan berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja yang sedikit. Sedangkan upah yang terlalu rendah akan berpengaruh terhadap penawaran tenaga kerja. Sehingga dari ketiga faktor tersebut dapat mempengaruhi jumlah pengangguran. Tapi, pada kenyataannya jumlah pengangguran di provinsi Pulau Jawa mengalami fluktuasi pada tahun 2015-2019. Sedangkan dari jumlah PDRB, pendidikan, dan UMP di provinsi Pulau Jawa terus mengalami kenaikan. Hal ini tidak sesuai dengan teori yang ada, dimana seharusnya jumlah pengangguran di provinsi Pulau Jawa mengalami penurunan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel PDRB, Pendidikan dan UMP secara parsial dan simultan terhadap pengangguran di provinsi Pulau Jawa. Data yang digunakan pada penilitan ini yaitu jenis data panel. Data panel merupakan gabungan antara data time series dan data cross section, hal ini dapat diartikan bahwa data memiliki objek yang lebih dari satu selama periode tertentu.
Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif, dimana data yang akan diolah menggunakan uji regeresi linier berganda dengan bantuan software eviews. Berdasarkan hasil pengolahan data, variabel PDRB dan pendidikan secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap variabel pengangguran. Sedangkan variabel upah minimum provinsi secara parsial memiliki pengaruh terhadap variabel pengangguran. Kemudian secara simultan variabel PDRB, pendidikan dan UMP memiliki pengaruh terhadap pengangguran di provinsi Pulau Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 04:51
Last Modified: 18 May 2021 04:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item