Peran Strategi Pemasaran Islami (Marketing Syari'ah) Dalam Meningkatkan Penjualan Pakaian Di Toko DM Collection Kedungwuni Pekalongan

Kusuma, Kissa (2021) Peran Strategi Pemasaran Islami (Marketing Syari'ah) Dalam Meningkatkan Penjualan Pakaian Di Toko DM Collection Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210716075_Kissa Kusuma_Ekonomi Syariah.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kusuma, Kissa. Peran Strategi Pemasaran Islami (Marketing Syari’ah) Dalam Meningkatkan Penjualan Pakaian (Studi Kasus Di Toko DM Collection Kedungwuni Pekalongan). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Islami.
Menurut Pemasaran merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas bisnis. Pemasaran bukan hanya sebagai sebuah fungsi atau departemen dalam perusahaan, tetapi bagaimana pasar bisa berjalan secara kreatif dan inovatif. Pemasaran dilakukan agar meningkatkan penjualan atau orientasi pada keuntungan, akan tetapi di toko DM Collection dalam melakukan usahanya tidak berorientasi pada keuntungan dan lokasi toko pun jauh dari keramaian, namun ada hal yang unik yang perlu diteliti yaitu toko DM Collection tetap bertahan dan dalam penjualan tidak mengalami permasalahan kerugian.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemasaran Syariah di Toko Pakaian DM Collection Kedungwuni Pekalongan. Dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana pelaksanaan pemasaran di Toko Pakaian DM Collection Kedungwuni Pekalongan? 2) Mengapa DM Collection Kedungwuni Pekalongan menerapakan strategi pemasaran syariah? 3) Bagaimana dampak dari strategi pemasaran syariah dalam peningkatan penjualan di Toko DM Collection Kedungwuni Pekalongan?
Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan karena peneliti dalam mengumpulkan data langsung dari lokasi penelitian. Penelitian ini mengutakan metode kualitatif studi kasus tentang strategi pemasaran Syariah yang dilakukan di toko DM Collection
Dari penelitian ini dapat disimpulkan, pelaksanaan pemasaran di Toko Pakaian DM Collection menggunakan pemasaran dari pelanggan sudah setia akan kualitas barang, harga barang dan pelayanan oleh tokonya dan bercerita kepada teman, kerabat juga tetangga sehingga wilayah pemasaran toko DM Collection tidak terbatas. DM Collection menerapkan strategi pemasaran syariah karena pemasaran Islami (Marketing Syari’ah) mengedepankan prinsip-prinsip Islam seperti mengedepankan emosional dengan konsumen, pemasaran yang mengedepankan etika dan menjaga kebersihan toko. Dan penjualan di Toko DM Collection Kedungwuni Pekalongan meningkat dikarenakan toko DM Collection dalam melakukan transaksi berpegang pada prinsip jujur dan adil, juga mengedepankan emosional kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 04:14
Last Modified: 18 May 2021 04:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13631

Actions (login required)

View Item View Item