Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina

Ratna Sari, Dewi (2021) Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316160 DEWI RATNA SARI-dikonversi.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ratna Sari, Dewi. 2020. Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, S,Ag. M.Pd.I.

Kata kunci: Ibnu Sina, Kurikulum Pendidikan Islam.

Kurikulum merupakan alat dalam mecapai suatu tujuan pendidikan dan juga merupakan pedoman dalam suatu pelaksanaan pengajaran dari semua jenis maupun tingkat pendidikan. Kurikulum ini disusun untuk memudahkan penyelenggaraan pendidikan, maka dari itu konteks kurikulum pendidikan Islam ini selalu berbeda-beda menurut kondisi perkembangan umat Islam, didesain supaya mampu menghasilkan muslim yang nantinya menjadi khalifah yang baik dan bermanfaat. Kurikulum yang Islami seharusnya diproses dengan metode yang mana disesuaikan dengan point-point yang terkandung dalam tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Dan juga cakupan didalamnya harus menyeluruh sehingga mampu mencerminkan semangat, pemikir, maupun ajaran yang mampu memperhatikan suatu pengembangan dan bimbinngan dari berbagai aspek kepribadian siswanya, baik itu dari psikologisnya, bagaimana cara ia bersosialisasi dengan lingkungannya, dan juga spiritualnya. Dan satu hal lagi yaitu selalu disesuaikan dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh dirinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep kurikulum pemdidikan Islam menurut Ibn Sina. Metode yang digunakan peneliti yaitu library research dengan menggunakan Pendekatan penelitian adalah pendekatan historis dan filosifis, metode pengumpulan datanya adalah study dokumentasi serta metode analisis data yaitu analisis isi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis mendalam yang mana hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk deskripsi.

Ibnu Sina merupakan seorang ilmuan, pujangga, dan juga filsuf Muslim yang mana ia mampu membangun teori kenabian dengan risalahnya yang bernama Itsbatal-Nubuwat. Ibnu Sina juga merupakan dokter Islam pertama yang mempunyai kontribusi besar dalam bidang keilmuan Islam dan pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan Islam. Pemikiran Ibnu Sina mengenai pendidikannya ini dapat dilihat dari tujuan, kurikulum, metode pembelajaran dan juga guru,yang disamping itu merupakan faktor dari unsurterpenting dan mendominasi dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, pemikiran Ibnu Sina ini dapat kita jadikan sebagai contoh atau juga bahan acuan dalam pembelajaran guna untuk memajukan dunia pendidikan Islam di Indonesia agar bisa menjadi lebih baik.
Hasil penelitian yang ditampilkan antara lain yaitu : Tujuan utama pendidikan dalam pandangan Ibnu Sina adalah tercapainya insan kamil melalui pembinaan akhlak serta pembekalan kompetensi yang dibutuhkan masyarakat.Ibnu Sina mengklasifikasikan kurikulum berdasarkan jenjang usia peserta didik. Terdapat beberapa metode pembelajaran dalam konsep pendidikan Ibnu Sina, di antaranya metode talqin, demonstrasi, keteladanan dan pembiasaan, diskusi, magang, penugasan, tarhib, dan targhib. Pendidik dalam pandangan Ibnu Sina haruslah memiliki akhlak yang mulia, memiliki kepribadian yang tangguh, bertutur kata yang baik, serta memiliki hati yang tulus sebagai sosok panutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 04:13
Last Modified: 18 May 2021 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13630

Actions (login required)

View Item View Item