Pengaruh Modal Usaha, Sikap Kewirausahaan dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan

Widiarsi, Widiarsi (2021) Pengaruh Modal Usaha, Sikap Kewirausahaan dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717188_WIDIARSI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Widiarsi, Pengaruh Modal Usaha, Sikap Kewirausahaan dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi Magetan. skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah

Kata kunci: Modal Usaha, Sikap Kewirausahaan, Lama Usaha, Pendapatan

Pendapatan merupakan salah satu faktor yang dapat mengukur tingkat keberhasilan suatu usaha. Namun berdasarkan survey yang dilakukan peneliti terhadap pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi menyatakan bahwa pendapatan yang didapat belum mampu untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya dan kesulitan dalam mengembangkan usaha. Oleh karena itu perlu diperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan meningkatnya usaha, seperti dalam penelitian ini faktor-faktor yang digunakan untuk mengukur pendapatan pelaku UMK yaitu modal usaha, sikap kewirausahaan, dan lama usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal usaha, sikap kewirausahaan dan lama usaha terhadap pendapatan pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi Magetan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Dengan sampel yang digunakan sebanyak 90 pengusaha UMK. Dan pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara modal usaha terhadap pendapatan pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi, (2) terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara sikap kewirausahaan terhadap pendapatan pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi, (3) tidak terdapat pengaruh antara lama usaha terhadap pendapatan pelaku UMK di Kecamatan Nguntoronadi, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan modal usaha, sikap kewirausahaan dan lama usaha secara simultan terhadap pendapatan pelaku UMK di Kecamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 03:58
Last Modified: 18 May 2021 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item