Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upah Jasa Penggilingan padi Keliling di Desa Gegeran Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Oktaviani, Rafica (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upah Jasa Penggilingan padi Keliling di Desa Gegeran Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
rafica upload e theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Oktaviani, Rafica, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upah Jasa Penggilingan Padi Keliling Di Desa Gegeran Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Niswatul Hidayati M.H.I.
Kata Kunci/Keyword: Hukum Islam,pengupahan, Ijara>h,
Dalam transaksi ijara>h jasa penggilingan padi keliling Desa Gegeran menggunakan uang sebagai alat pembayaran (upah). Sistem pembayaran ini sudah menjadi kesepakatan pemilik atau penyedia jasa yakni sebesar Rp 12.000 per karung (urea), namun dalam praktiknya penyedia jasa masih mengambil hak yang seharusnya diberikan kepada petani yaitu hasil penggilingan padi berupa bekatul. Hasil dari proses penggilingan sendiri terdapat beberapa macam yakni beras, dedak, bekatul dan sekam. Karena bentuk dan tekstur dari dedak dan bekatul hampir mirip dan biasanya dijadikan satu tempat, maka perbedaan antar keduanya sangat tipis, Namun jasa penggilingan padi keliling tersebut msih tetap dijalankan hingga saat ini.
Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, persoalan yang diteliti oleh penulis adalah pertama, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upah jasa penggilingan padi keliling di Desa Gegeran Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Kedua, Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap Ija>rah Jasa penggilingan padi keliling di Desa Gegeran Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field reasearch) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui interview (wawancara). Setelah data diperoleh, dianalisa dengan menggunakan metode deduktif dengan pendekatan sosiologi hukum Islam.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: upah akad penggilingan padi keliling di Desa Gegeran Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo belum sepenuhnya sesuai dengan hukum islam, karena penetapan upah hanya dilakukan oleh salah satu pihak dan pengambilan penambahan upah dengan bekatul tanpa adanya transparansi dari pihak petani, sehingga merugikan salah satu pihak yakni petani atau konsumen. Terkait Akad ija>rah jasa penggilingan padi keliling di Desa Gegeran Kecamataan Sukorejo Kabupaten Ponorogo belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam karena dalam transaksi tersebut tidak memenuhi asas-asas dalam berakad, khususnya asas ibahah, asas amanah (kejujuran), keadilan dan keseimbangan prestasi. Meskipun dalam transaksi antara keduanya terdapat ijab qabul yang sah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 03:57
Last Modified: 18 May 2021 03:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item