Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri

Nana, Wulandari (2021) Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210816119_Nana Wulandari_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wulandari, Nana. 2021. Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mansur Azis, M.S.I.
Kata Kunci: Pembiayaan Bermasalah.
KPR iB Muamalat merupakan salah satu produk yang dimiliki Bank Muamalat KCU Kediri, dimana produk ini merupakan salah satu produk unggulan yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat untuk merenovasi rumah, membuat, dan membeli tempat tinggal, namun demikian pembiayaan yang disalurkan bank kepada nasabah tidak semuanya berjalan dengan lancar atau mengalami pembiayaan yang bermasalah. Pembiayaan bermasalah ini terbukti dari tahun 2017 s/d 2019 ada beberapa nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah yaitu di tahun 2017 ada 2,75 %, 2018 2,55%, dan di tahun 2019 ada 3,25 %.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah dan untuk mengetahui straregi yang digunakan untuk menangani pembiayaan bermasalah. Dalam penyusunan skripsi ini penulis mengunakan metode penelitian lapangan (field research), penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat KCU Kediri disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini disebabkan oleh pihak bank, seperti petugas bank yang kurang teliti dan kurang berhati-hati dalam melakukan analisis pembiayaan, petugas bank kurang optimal dalam melakukan kegiatan monitoring, serta petugas bank kurang tepat dalam menentukan jangka waktu pembiayaan/ pembayaran angsuran. Sedangkan faktor eksternal penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah disebabkan oleh pihak nasabah, seperti karakter buruk nasabah, usaha nasabah bangkrut yang diakibatkan oleh manajemen usaha nasabah yang buruk, karyawan di PHK, dan terjadinya bencana alam. (2) Sedangkan strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada produk KPR iB Muamalat di Bank Muamalat KCU Kediri adalah dengan cara, melakukan pendekatan kepada nasabah, melakukan penagihan secara intensif/ berkala, pemberian surat peringatan, restrukturisasi, dan eksekusi jaminan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 01:56
Last Modified: 18 May 2021 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item