STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KOPI NDUSUN MELALUI PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF PADA PROGRAM BUNDA MANDIRI SEJAHTERA (STUDI KASUS DI LEMBAGA YATIM MANDIRI PONOROGO)

Fahrudin, Ma'ruf (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KOPI NDUSUN MELALUI PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF PADA PROGRAM BUNDA MANDIRI SEJAHTERA (STUDI KASUS DI LEMBAGA YATIM MANDIRI PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi etheses(Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Kopi Ndusun Melalui Pemberdayaan dana Zakat Produktif Pada Program BISA (Bunda Mandiri Sejahtera) - Copy.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fahrudin, Ma’ruf. 2021. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Kopi Ndusun Melalui Pemberdayaan Dana Zakat Produktif Pada Program Bunda Mandiri Sejahtera (Studi Kasus di Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo). Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf. Pembimbing, Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.

Kata Kunci: Pemberdayaan Dana Zakat Produktif, Segmentasi, Targetting, Positioning, Diferentation, Dampak.

Keberhasilan dalam sebuah penjualan ditentukan oleh strategi pemasaran yang dijalankan. Begitu juga dengan produk Kopi Ndusun yang diproduksi oleh bunda yatim di bawah binaan Lembaga Yatim Mandiri Ponorogo, yang di mana dalam penjualannya harus memperhatikan strategi-strategi pemasaran yang sesuai. Strategi-strategi pemasaran yang harus dilakukan demi keberhasilan sebuah penjualan diantaranya yaitu: segmentation, targetting, positioning, dan diferentation,. Jika dengan menjalankan strategi-strategi pemasaran tersebut dengan tepat, maka potensi keberhasilan dalam pejualan lebih besar dan akan meningkatkan penjualan di setiap waktunya. Tetapi hal ini berbeda dengan penjualan Kopi Ndusun, yang di mana tidak ada peningkatan penjualan secara signifikan padahal kegiatan pemasaran yang dilakukan sudah secara optimal dan maksimal.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini adalah masih minimya tingkat penjualan Kopi Ndusun yang disebabkan oleh target pasar dan peluang pasar yang dituju yang belum sesuai dan tepat. Selain itu juga dalam produksi Kopi Ndusun belum optimal pada penerapan aspek fungsi manajemen yaitu tepatnya pada aspek organizing dan actuating yang dimana pada strukstur kepengurusan masih ada belum pemisahan dengan kepengurusan lembaga sehingga masih rangkap kepengurusan dalam pengelolannya, yang menyebabkan ada titik fokus terbelah dalam mengurusi produksi Kopi Ndusun dan belum ada keterikatan yang kuat antara setiap pengurus. Kemudian pada aspek controlling yang kurang pada tahap pemasaran. Dalam hal ini peneliti menyarankan kedepannya harus ada pembenahan pada aspek fungsi manajemen pada aspek organizing, planning dan controlling. Dan pada strategi pemasaran yang dilakukan harus disesuaikan dengan target pasar yang tepat yaitu menyasar pada para pecinta kopi. Selain itu harus mengarah pada kaum menengah ke atas dalam penjualannya. Sehingga peningkatan penjualan Kopi Ndusun dapat berdampak meningkatnya kesejahteraan ekonomi bunda yatim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 01:39
Last Modified: 18 May 2021 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13609

Actions (login required)

View Item View Item