(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Analisis Preferensi Masyarakat Wonogiri Terhadap Bank Muamalat KCP Wonogiri Berdasarkan Profesi

Rohmiati, Sekar Ayu (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Analisis Preferensi Masyarakat Wonogiri Terhadap Bank Muamalat KCP Wonogiri Berdasarkan Profesi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210816022_SEKAR AYU ROHMIATI.docx

Download (1MB)

Abstract

Rohmiati, Sekar Ayu. 2021. Analisis Preferensi Masyarakat Wonogiri Terhadap Bank Muamalat KCP Wonogiri Berdasarkan Profesi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Kata Kunci: Faktor-faktor Preferensi, Bank Muamalat, Profesi

Di era modern saat ini, perbankan telah menjadi sarana paling vital bagi masyarakat di bidang keuangan. Perbankan telah menjadi kebutuhan masyarakat modern yang mempercayakan uangnya untuk diinvestasikan atau untuk memperoleh pembiayaan. Preferensi merupakan suatu sifat atau keinginan untuk memilih atau pilihan-pilihan yang dibuat oleh para konsumen atas produk-produk yang dikonsumsi. Terdapat empat faktor preferensi terhadap barang dan jasa, yaitu faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Praktek bank syariah saat ini belum banyak dimengerti oleh masyarakat baik dalam bentuk kegiatan usaha, produk dan jasanya yang menyebabkan kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan jasa bank syariah diaman keberadaan bank syariah merupakan sesuatu yang relatif baru. Bank Muamalat KCP Wonogiri selalu berusaha untuk melayani kebutuhan masyarakat secara luas dan menyeluruh melalui pelayanan dan fasilitas yang dimilikinya. Seiring kemajuan ekonomi telah mengakibatkan tingkat persaingan menjadi semakin tinggi sehingga lembaga keuangan yang mampu memberikan kepuasan kepada nasabahlah yang akan memperoleh simpati.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif yaitu dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi masyarakat Wonogiri terhadap bank Muamalat KCP Wonogiri berdasarkan profesi masyarakat. setelah data terkumpul maka peneliti menganalisisnya dengan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: adanya faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat Wonogiri. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri masyarakat itu sendiri. Faktor internal yang mempengaruhi preferensi masyarakat terhadap bank Muamalat KCP Wonogiri adalah persepsi masyarakat tentang bank syariah dan persepsi tentang proposi keuntungan, serta keinginan untuk menghindari riba. Sedangkan faktor eksternal Faktor eksternal yang mempengaruhi preferensi masyarakat Wonogiri terhadap bank Muamalat KCP Wonogiri adalah periklanan atau promosi dan pengaruh dari lingkungan seperti orang-orang terdekat yang ada disekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 01:34
Last Modified: 18 May 2021 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item