Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Pada BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo

Fadhillah, Firda Asmaul (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Pada BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717223_Firda Asmaul Fadhillah_ES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fadhillah, Firda Asmaul. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan pada BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Aji Damanuri, M.E.I

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Produk, Promosi dan Kepuasan Nasabah
Kepuasan nasabah adalah tingkat perasaan di mana seseorang menyatakan hasil perbandingan antara hasil kinerja produk atau jasa yang di terima sesuai dengan apa yang diharapkan. Kepuasan nasabah di pengaruhi oleh kualitas pelayanan, produk dan promosi. Kualitas pelayanan merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta pemenuhan ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan nasabah. Kualitas produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan kepasar untk mendapatkan akuisi, penggunaan atau konsumsi yang mungkin memuaskan kebutuhan dan keinginan nasabah. Promosi merupakan variabel yang sangat penting dalam memasarkan suatu produk jasa semakin banyak promosi yang diharapkan maka akan memberikan dampak yang baik bagi nasabah. Banyak nasabah yang beranggapan bahwa pelayanan yang diberikan pihak BMT sangat ramah dan produk yang di promosikan itu sangat bagus tapi hal tersebut belum memberikan rasa kepuasan bagi nasabah yang melakukan pembiayaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah di BMT Surya Mandiri, (2) Apakah produk berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah di BMT Surya Mandiri, (3) Apakah promosi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah di BMT Surya Mandiri, (4) Apakah kualitas pelayanan produk dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah di BMT Surya Mandiri.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah menggunakan kuisioner atau angket. Analisis yang di gunakan menggunakan analisis asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 21.
Dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memperolehan nilai koefisien positif dengan thitung > ttabel atau 6,351 > 1,990 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima. Maka dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Variabel produk memiliki thitung > ttabel atau 6,079 > 1,990 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima. Jadi kesimpulannya produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Variabel promosi memiliki thitung > ttabel atau 2,311 > 1,990 dan signifikan sebesar 0,023 < 0,05 sehingga H03 ditolak dan Ha3 diterima. Jadi kesimpulannya promosi (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Dari uji F didapat nilai Fhitung = 22,278 > 2,72 maka H04 ditolak dan Ha4 diterima. Jadi kesimpulannya bahwa kualitas pelayanan, produk dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kemudian hasil uji R2 sebesar 0,468 artinya kontribusi kualitas pelayanan, produk dan promosi searah terhadap kepuasan nasabah 46,8 % sedangkan lebihnya di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, variabel produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, variabel promosi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, dan variabel kualitas pelayanan, produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 01:32
Last Modified: 18 May 2021 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item