Pengaruh Modal Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Mlilir Kabupaten Madiun

Rohmah, Nisa Miftaqul (2021) Pengaruh Modal Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Mlilir Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717222_Nisa Miftaqul Rohmah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmah, Nisa Miftaqul. Pengaruh Modal dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Mlilir Kabupaten Madiun. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Shinta Maharani, S. E., M.Ak.

Kata kunci: Modal, Jam Kerja, dan Pendapatan.

Pendapatan merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah usaha perdagangan. Menurut teori besar kecilnya modal kerja dan lama waktu yang yang dipergunakan dalam usaha tentunya akan berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh pedagang. Adanya pandemi virus corona -19 membuat pendapatan pedagang menurun sehingga besarnya modal tidak banyak berdampak pada pendapatan pedagang, sedangkan seharusnya semakin tinggi modal kerja maka semakin tinggi pula pendapatan dan begitu pula pada jam kerja semakin lama pedagang berjualan di pasar Mlilir maka semakin besar pula pendapatannya.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal dan jam kerja terhadap pendapatan pedagang pasar Mlilir Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 68 responden. Sedangkan untuk pengumpulan data dengan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji R square, uji F, dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Modal tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar Mlilir Kabupaten Madiun dibuktikan dengan hasil uji t diketahui nilai signifikansi sebesar 0,934 > 0,05 , artinya modal secara signifikan tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar Mlilir Kabupaten Madiun. 2) jam kerja berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar Mlilir Kabupaten Madiun dibuktikan dengan hasil uji t diketahui nilai signifikansi sebesar 0,022 < 0,05 , artinya jam kerja signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar Mlilir Kabupaten Madiun. 3) Secara simultan modal dan jam kerja berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar Mlilir Kabupaten Madiun dibuktikan dengan hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai sig yaitu 0,049 < 0,05 artinya modal dan jam kerja signifikan terhadap pendapatan pedagang pasar Mlilir Kabupaten Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 01:29
Last Modified: 18 May 2021 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item