Tinjauan Maqashid Syariah Terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Usaha

Sholihah, Sholihah (2021) Tinjauan Maqashid Syariah Terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Usaha. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Sholihah-Perpustakaan-210217059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholihah. 210217059. 2021. Tinjauan Maqa>shid Syari>’ah Terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Usaha. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Achmad Rodli Makmun, M.Ag.
Kata Kunci: Maqa>shid Syari>’ah, Retribusi Jasa Usaha, Peraturan Daerah
Seiring dengan adanya penerapan otonomi daerah, pemerintah daerah dituntut/wajib untuk menggali potensi-potensi baru pendapatan asli daerah yang selama ini belum tergali guna membiayai dalam mengatur dan mengurus rumah tangga pemerintah daerah agar daerah mampu menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik terhadap masyarakatnya. Maka disahkanlah Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 2 Tahun 2016 Retribusi Jasa Usaha sebagai respon dari penerapan otonomi daerah. Peraturan ini sebagai perubahan dari peraturan yang lama tak lain ialah Peraturan daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 15 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa usaha. Peraturan tersebut diubah dengan alasan bahwa ada potensi baru yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten ponorogo dalam sector retribusi jasa usaha. Dengan konsep Maqa>shid Syari>’ah diharapkan dapat dilihat apakah suatu peraturan yang disahkan atas peraturan yang lama itu menerapkan dan mengakibatkan kemaslahatan atau kemafsadatan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana Tinjauan Maqa>shid Syari>’ah terhadap retribusi tempat khusus parkir dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 2 Tahun 2016 Retribusi Jasa Usaha? (2) Bagaimana Tinjauan Maqa>shid Syari>’ah terhadap retribusi sarana fasilitas pertokoan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Usaha? (3) Bagaimana Tinjauan Maqa>shid Syari>’ah terhadap retribusi terminal dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Usaha?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian studi pustaka (library research) yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebijakan tentang retribusi parkir, retribusi sarana fasilitas pertokoan dan retribusi terminal dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Usaha telah menerapkan dan sesuai dengan konsep Maqa>shid Syari>’ah. Dari hal penetapan tarif ketiga obyek tersebut termasuk dalam tingkatan hajiyyat, sedangkan dari hal penggunaan tarif termasuk dalam tingkatan tahsiniyat bagi pembangunan dan tingkatan hajiyyat bagi sarana pra sarana. Terakhir, dari hal adanya kebijakan bagi retribusi parkir dan retribusi terminal termasuk dalam tingkatan hajiyyat sedangkan retribusi pertokoan termasuk tingkatan tahsiniyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Rodli Makmun
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 01:23
Last Modified: 18 May 2021 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13583

Actions (login required)

View Item View Item